manfaat olahraga secara teratur

10 MANFAAT DARI OLAHRAGA YANG TERATUR

Olahraga didefinisikan sebagai gerakan yang membuat otot Anda bekerja dan memaksa tubuh Anda untuk membakar kalori. Ada banyak jenis aktivitas fisik, termasuk berenang, berlari, berjalan dan menari. Menjadi aktif telah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Bahkan dapat membantu Anda pajang umur.  Berikut adalah 10 manfaat olahraga secara teratur.

1. Dapat Membuat Anda Merasa Lebih Bahagia

10 manfaat olahraga 1Latihan telah terbukti dapat meningkatkan suasana hati Anda dan mengurangi perasaan depresi, kecemasan dan stres. Ini menghasilkan perubahan di bagian otak yang mengatur stres dan kecemasan. Ini juga dapat meningkatkan sensitivitas otak untuk hormon serotonin dan norepinefrin, yang menghilangkan perasaan depresi. Selain itu, olahraga dapat meningkatkan produksi endorfin, yang diketahui membantu menghasilkan perasaan positif dan mengurangi persepsi nyeri.

Selanjutnya, olahraga telah terbukti mengurangi gejala pada orang yang menderita kecemasan. Ini juga dapat membantu mereka lebih sadar akan kondisi mental mereka dan mempraktikkan gangguan dari ketakutan mereka. Menariknya, tidak masalah seberapa kuat latihan Anda. Tampaknya suasana hati Anda dapat memperoleh manfaat dari olahraga, tidak peduli intensitas aktivitas fisiknya.

Faktanya, sebuah penelitian pada 24 wanita yang telah didiagnosa menderita depresi menunjukkan bahwa olahraga dengan intensitas apapun akan secara signifikan menurunkan perasaan depresi. Efek latihan pada suasana hati sangat kuat sehingga memilih untuk berolahraga (atau tidak) bahkan membuat perbedaan dalam waktu singkat.

Satu studi meminta 26 pria dan wanita sehat yang biasanya berolahraga secara teratur untuk terus berolahraga atau berhenti berolahraga selama dua minggu. Mereka yang berhenti berolahraga mengalami peningkatan mood negatif.

2. Dapat Membantu Dengan Penurunan Berat Badan

10 manfaat olahraga 2Beberapa penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup yang tidak aktif adalah faktor utama dalam penambahan berat badan dan obesitas. Untuk memahami efek olahraga terhadap penurunan berat badan, penting untuk memahami hubungan antara olahraga dan pengeluaran energi. Tubuh Anda menghabiskan energi dalam tiga cara: mencerna makanan, berolahraga dan mempertahankan fungsi tubuh seperti detak jantung dan pernapasan Anda.

Saat berdiet, pengurangan asupan kalori akan menurunkan tingkat metabolisme Anda, yang akan menunda penurunan berat badan. Sebaliknya, olahraga yang teratur terbukti meningkatkan laju metabolisme Anda, yang akan membakar lebih banyak kalori dan membantu Anda menurunkan berat badan.

3. Baik untuk Otot dan Tulang Anda

10 manfaat olahraga 3Olahraga memainkan peran penting dalam membangun dan mempertahankan kekuatan otot dan tulang. Aktivitas fisik seperti angkat beban dapat merangsang pembentukan otot ketika dipasangkan dengan asupan protein yang memadai. Ini karena olahraga membantu melepaskan hormon yang meningkatkan kemampuan otot Anda untuk menyerap asam amino. Ini membantu mereka tumbuh dan mengurangi kerusakannya.

Seiring bertambahnya usia, mereka cenderung kehilangan massa dan fungsi otot, yang dapat menyebabkan cedera dan cacat. Berlatih aktivitas fisik secara teratur sangat penting untuk mengurangi kehilangan otot dan mempertahankan kekuatan seiring bertambahnya usia. Olahraga dapat membantu membangun kepadatan tulang ketika Anda muda, selain membantu mencegah osteoporosis di kemudian hari. 

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa menggabungkan latihan aerobik dengan latihan resistensi (angkat beban) dapat memaksimalkan penurunan lemak dan pemeliharaan massa otot, yang sangat penting untuk menjaga berat badan.

4. Dapat Meningkatkan Tingkat Energi Anda

Olahraga dapat menjadi penambah energi bagi orang sehat, serta mereka yang menderita berbagai kondisi medis. Satu studi menemukan bahwa enam minggu berolahraga secara teratur mengurangi rasa lelah bagi 36 orang sehat yang telah melaporkan sering merasakan kelelahan Selain itu, olahraga dapat secara signifikan meningkatkan tingkat energi bagi orang yang menderita sindrom kelelahan kronis (Chronic Fatigue Syndrome) dan penyakit serius lainnya. Bahkan, olahraga tampaknya lebih efektif dalam memerangi CFS daripada perawatan lain, termasuk terapi pasif seperti relaksasi dan peregangan, atau tidak ada perawatan sama sekali.

Selain itu, olahraga telah terbukti meningkatkan tingkat energi pada orang yang menderita penyakit progresif, seperti kanker, HIV / AIDS dan Multiple Sclerosis.

5. Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Kronis Anda

10 manfaat olahragaKurangnya aktivitas fisik secara teratur adalah penyebab utama penyakit kronis. Olahraga teratur telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin, kebugaran kardiovaskular dan komposisi tubuh, namun menurunkan tekanan darah dan kadar lemak darah.

Sebaliknya, kurang olahraga teratur – bahkan dalam jangka pendek – dapat menyebabkan peningkatan lemak perut yang signifikan, yang meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung dan kematian dini. Karena itu, aktivitas fisik harian dianjurkan untuk mengurangi lemak perut dan mengurangi resiko terserang penyakit ini.

6. Dapat Membantu Kesehatan Kulit

10 manfaat olahraga 6Kulit Anda dapat dipengaruhi oleh jumlah stres oksidatif dalam tubuh Anda. Stres oksidatif terjadi ketika pertahanan antioksidan tubuh tidak dapat sepenuhnya memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas pada sel. Ini dapat merusak struktur internal mereka dan merusak kulit Anda.

Meskipun aktivitas fisik yang intens dan melelahkan dapat berkontribusi terhadap kerusakan oksidatif, olahraga moderat secara teratur dapat meningkatkan produksi antioksidan alami tubuh Anda, yang membantu melindungi sel kulit.

Dengan cara yang sama, olahraga dapat merangsang aliran darah dan menginduksi adaptasi sel kulit yang dapat membantu menunda penampilan penuaan kulit.

7. Dapat Membantu Kesehatan dan Memori Otak Anda

Olahraga dapat meningkatkan fungsi otak dan melindungi daya ingat dan keterampilan berpikir. Olahraga juga dapat meningkatkan denyut jantung Anda, yang memicu aliran darah dan oksigen ke otak Anda. Ini juga dapat merangsang produksi hormon yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak.

Selain itu, pencegahan penyakit kronis yang di dapatkan lewat olahraga juga bermanfaat bagi otak Anda, karena fungsinya dapat dipengaruhi oleh penyakit kronis tersebut. Aktivitas fisik yang teratur adalah suatu yang sangat penting bagi orang dewasa yang lebih tua karena penuaan – dikombinasikan dengan stres oksidatif dan peradangan – mendorong perubahan struktur dan fungsi otak.

Olahraga telah terbukti menyebabkan hippocampus, bagian dari otak yang vital untuk daya ingat dan pembelajaran, tumbuh dalam ukuran. Ini berfungsi untuk meningkatkan fungsi mental pada orang dewasa yang lebih tua. Terakhir, olahraga telah terbukti mengurangi perubahan pada otak yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer dan skizofrenia.

8. Dapat Membantu Dengan Relaksasi dan Kualitas Tidur

Olahraga yang  teratur dapat membantu Anda rileks dan tidur lebih baik. Dalam hal kualitas tidur, penipisan energi yang terjadi selama latihan merangsang proses penyembuhan selama tidur. Selain itu, peningkatan suhu tubuh yang terjadi selama latihan dianggap meningkatkan kualitas tidur dengan membantu menurunkannya selama tidur.

Banyak penelitian tentang efek olahraga pada tidur telah mencapai kesimpulan yang sama. Satu studi menemukan bahwa 150 menit aktivitas intensitas tingkat sedang hingga tinggi per minggu dapat memberikan peningkatan kualitas tidur hingga 65%.

Yang lain menunjukkan bahwa beraktivitas fisik selama 16 minggu  meningkatkan kualitas tidur dan membantu 17 orang penderita insomnia untuk tidur lebih lama dan lebih dalam daripada kelompok kontrol. akibatnya,  membantu mereka merasa lebih bersemangat di siang hari.

Terlebih lagi, melakukan olahraga yang teratur tampaknya juga bermanfaat bagi para lansia, yang cenderung terpengaruh oleh gangguan tidur. Anda bisa fleksibel dengan jenis latihan yang Anda pilih. Tampaknya latihan aerobik saja atau latihan aerobik yang dikombinasikan dengan latihan resistensi sama-sama dapat membantu kualitas tidur.

9. Bisa Mengurangi Rasa Sakit

Nyeri kronis dapat melemahkan, tetapi olahraga sebenarnya dapat membantu menguranginya. Bahkan, selama bertahun-tahun, rekomendasi untuk mengobati nyeri kronis adalah istirahat dan mengurangi aktivitas. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa olahraga membantu menghilangkan rasa sakit kronis.

Sebuah tinjauan dari beberapa studi menunjukkan bahwa olahraga membantu peserta mengatasi nyeri kronis, mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga juga dapat membantu mengendalikan rasa sakit yang terkait dengan berbagai kondisi kesehatan, termasuk nyeri punggung bawah yang kronis, fibromyalgia, dan kelainan bahu jaringan lunak yang kronis.Selain itu, aktivitas fisik juga dapat meningkatkan toleransi nyeri dan menurunkan persepsi nyeri.

10. Dapat Mempromosikan Kehidupan Seks Yang Lebih Baik

Olahraga telah terbukti meningkatkan gairah seks. olahraga yang teratur dapat memperkuat sistem kardiovaskular, meningkatkan sirkulasi darah, mengencangkan otot dan meningkatkan fleksibilitas, yang semuanya dapat meningkatkan kehidupan seks Anda.

Aktivitas fisik dapat meningkatkan kinerja seksual dan kenikmatan seksual, serta meningkatkan frekuensi aktivitas seksual. Sekelompok wanita berusia 40-an mengamati bahwa mereka mengalami orgasme lebih sering ketika mereka memasukkan latihan yang lebih berat, seperti lari cepat, dan latihan beban, ke dalam gaya hidup mereka.

Selain itu, di antara 178 pria sehat, pria yang melaporkan lebih banyak jam olahraga per minggu memiliki skor fungsi seksual yang lebih tinggi. Satu studi menemukan bahwa rutinitas sederhana berjalan enam menit di sekitar rumah membantu 41 pria mengurangi gejala disfungsi ereksi mereka sebesar 71%.

Studi lain yang dilakukan pada 78 pria dengan gaya hidup yang tidak aktif mengungkapkan bagaimana 60 menit berjalan per hari (rata-rata tiga setengah hari per minggu) meningkatkan perilaku seksual mereka, termasuk frekuensi, fungsi yang memadai, dan kepuasan.

Terlebih lagi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa pelatihan resistensi yang teratur selama 16 minggu dapat meningkatkan gairah seks di dalam wanita yang menderita sindrom ovarium polikistik.