manfaat olahraga HIIT

4 Manfaat dari Olahraga HIIT Selama 15 Menit

Bagi kebanyakan orang, menjalankan rutinitas olahraga terkesan mustahil untuk dilakukan, terutama dengan banyaknya aktivitas yang harus dilakukan sehari-hari. Padahal, olahraga adalah aktivitas penting, baik demi meraih bentuk tubuh ideal atau menjaga kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, terdapat satu tren olahraga yang sangat efektif walaupun berdurasi pendek. Olahraga tersebut bernama olahraga HIIT. 

Olahraga HIIT menggabungkan gerakan aerobik dan resistance training dalam beberapa sesi berdurasi pendek. Jangan terkecoh, gerakan-gerakan olahraga yang masuk dalam kategori HIIT harus dilakukan secara intens dan diikuti dengan periode cool down

Cukup meluangkan waktu 15 menit setiap harinya, Anda akan merasakan banyak manfaat setelah rutin melakukan olahraga HIIT. Masih belum percaya? Coba simak 4 manfaat olahraga HIIT berikut ini.

Bakar lemak dan kalori

Dalam waktu olahraga yang relatif lebih singkat dibandingkan jenis olahraga lainnya, ternyata Anda dapat membakar lebih banyak lemak dan kalori dengan melakukan olahraga HIIT. Dalam sebuah studi di tahun 2015, olahraga HIIT terbukti mampu membakar 25-30% lebih banyak kalori dibandingkan dengan olahraga angkat beban, berlari, atau bersepeda.

Terlebih lagi, HIIT sangat dianjurkan bagi orang-orang yang mengalami obesitas atau ingin fokus menghilangkan lemak tubuh. Setelah melakukan olahraga HIIT, tubuh akan berada dalam masa hyperdrive atau afterburn, di mana akan tetap dilakukan pembakaran kalori dan lemak selama 24 jam. Namun perlu diingat, olahraga ini pun harus rutin dilakukan dan diimbangi dengan program diet yang sehat.

Mempercepat metabolisme

Mengingat fakta bahwa olahraga HIIT dapat mendorong tubuh untuk membakar kalori dan lemak bahkan setelah olahraga, hal ini juga berkaitan dengan manfaat HIIT terhadap proses metabolisme tubuh. Metabolisme sendiri adalah proses konversi makanan (kalori dan lemak) menjadi energi. Dalam kata lain, olahraga HIIT mempercepat metabolisme tubuh sehingga makanan yang dikonsumsi akan tidak mengendap menjadi lemak tubuh.

Sebuah riset di tahun 2002 mengungkapkan bahwa olahraga HIIT menstimulasi terbentuknya HGH atau hormon pertumbuhan manusia sebanyak 450% selama 24 jam setelah berolahraga. Hormon inilah yang berperan dalam pembakaran kalori. Selain itu, HGH juga membantu memperlambat proses penuaan dini. 

Dengan proses metabolisme yang semakin meningkat, maka tubuh Anda pun akan semakin kuat menjalankan olahraga HIIT setiap harinya. Energi meningkat, tubuh pun semakin sehat.

Menurunkan tekanan darah

Tidak hanya bermanfaat bagi penampilan tubuh saja, olahraga HIIT juga dapat menyehatkan tubuh. Dikarenakan intensitas dari olahraga ini, tekanan darah tinggi yang biasa dialami oleh orang-orang yang mengalami obesitas dapat secara aktif mengalami penurunan. Hal ini juga dibuktikan oleh sebuah riset yang dikeluarkan dalam British Journal of Sports Medicine. 

Apabila selama ini Anda sering merasa sesak napas atau jantung berdebar kencang setelah berolahraga, kedua hal ini dapat diubah melalui olahraga HIIT. Nyatanya, rutin berolahraga HIIT selama 8 minggu terbukti mampu menyehatkan jantung dan memperlancar peredaran darah, sehingga Anda Anda dapat berolahraga dua kali lebih lama dari sebelumnya. 

Mengencangkan otot

Jika Anda ingin menurunkan berat badan sekaligus membentuk otot tubuh, olahraga HIIT adalah pilihan yang tepat. Tidak seperti olahraga lainnya yang juga dapat menghilangkan massa otot, HIIT terbukti dapat mengencangkan dan membentuk otot di bagian-bagian tubuh yang aktif digerakkan selama olahraga.

Manfaat ini akan paling terasa bagi para pemula yang sebelumnya tidak memiliki rutinitas olahraga. Tanpa menurunkan massa otot, olahraga HIIT fokus dalam membakar lemak untuk menurunkan berat badan. Beberapa anggota tubuh di mana biasanya otot terbentuk selama olahraga HIIT adalah area kaki dan lengan.

Keempat manfaat olahraga HIIT di atas sungguh menarik, bukan? Apabila Anda tertarik mencobanya, Anda bisa melakukannya dengan bersepeda, jogging, atau squat jump. Lakukan salah satu gerakan olahraga ini secepat dan se-intens mungkin selama 30-90 detik dan lakukan kembali dengan santai selama 1-2 menit. Ulangi terus hingga 15 menit. Imbangi dengan diet sehat penuh makanan bergizi dan kaya nutrisi agar hasilnya lebih maksimal.

Untuk panduan lengkap mengenai latihan ini, Anda dapat mengikuti kelas ReBOOT yang dimiliki ReFIT Indonesia. ReBOOT adalah signature class terbaru dari ReFIT yang berbentuk High Intensity Functional Bootcamp.

Latihan khusus yang hanya tersedia dalam online class ini tak memerlukan alat yang rumit atau bahkan bahkan dapat juga dilakukan hanya bermodal gerakan-gerakan bodyweight sehingga bisa dilakukan di rumah atau di mana saja.

Dalam kelas ReBOOT, Anda juga akan menemui gerakan-gerakan seperti Push up, Jumping Jack, Russian Twist, Sit up, Burpees dan masih banyak lagi.

No ratings yet.

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.

Leave a Comment.