Manfaat Lidah Buaya untuk Asam Lambung

Manfaat lidah buaya untuk tubuh memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Manfaat ini mulai dari kesehatan, kecantikan kulit, hingga perawatan kulit dan rambut. Namun, lidah buaya juga ternyata memiliki efek baik untuk pengidap penyakit asam lambung, di antaranya:

1. Membantu Mengurangi Peradangan

Jus lidah buaya mengandung asam amino, vitamin, dan mineral yang baik untuk detoksifikasi tubuh. Kandungan tersebut bisa mengoptimalkan kerja pencernaan sekaligus mengurangi zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Selain itu, lidah buaya juga mengandung zat antiinflamasi yang secara efektif membantu mencegah terjadinya peradangan.

2. Membantu Meningkatkan Imunitas

Selain itu, manfaat lidah buaya juga dikaitkan dengan rangsangan sistem kekebalan tubuh sekaligus menguatkannya. Kondisi ini akan sangat baik bagi tubuh untuk melawan mikroorganisme yang menyebabkan masalah peradangan pada lambung, seperti bakteri Helicobacter pylori.

3. Mengurangi Nyeri Akibat Iritasi Lambung

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Traditional Chinese Medicine menyebutkan, bahwa lidah buaya aman digunakan sebagai obat alternatif untuk mengatasi GERD. Selain itu, tanaman tersebut bisa membantu mengurangi frekuensi munculnya gejala tanpa adanya efek samping serius.

4. Sebagai Antioksidan Alami

Salah satu penyebab terjadinya GERD adalah stres oksidatif dan peradangan. Nah, manfaat lidah buaya dapat mengatasi penyebab tersebut. Sebab tanaman ini mengandung antioksidan alami dan antiinflamasi yang kuat, dengan bekerja efektif untuk menghambat kerja siklooksigenase.

5. Sebagai Antimikroba Alami

Tak hanya itu, lidah buaya juga memiliki sifat sebagai antimikroba alami. Kandungan tersebut bekerja aktif dengan menekan gen yang bertugas untuk menghasilkan lipid. Dampaknya yaitu peningkatan resistensi insulin sekaligus penurunan efek toksik lipid pada organ hati.

 

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment.