manfaat kebugaran jasmani

Manfaat Kebugaran Jasmani dalam Masa Pandemi

Virus Covid-19 sudah mewabah hampir ke seluruh dunia. Bahkan, tercatat ada 182 negara, termasuk Indonesia, yang telah dikonfirmasi mengalami pandemi akibat virus tersebut. Di tengah kondisi seperti sekarang, tentunya menjaga kebugaran jasmani adalah hal yang begitu penting. Oleh karena itu, mari kita kulik lebih jauh tentang apa saja manfaat kebugaran jasmani selama masa pandemi! Tapi apakah kamu sudah tau pengertian kebugaran jasmani?

Kebugaran adalah sebuah perpaduan aktivitas dan juga olahraga yang bisa dilakukan di tempat olahraga, rumah ataupun tempat lainnya. Sedangkan jasmani adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan tubuh. Jadi pengertian kebugaran jasmani adalah aktivitas atau bentuk kegiatan yang menyehatkan tubuh manusia, makin bugar tentunya akan makin sehat, terhindar dari brbagai penyakit, salah satunya penyakit jantung. Kesehatan mental juga bisa dilatih lho dari aktivitas ini. Nah kalau kamu sudah tau pengertiannya, sekarang mari kita lihat bernbagai macam manfaanya.

Memiliki tingkat harapan hidup yang lebih tinggi

Melansir situs resmi Medical Associates of Northwest Arkansas, beberapa penelitian menunjukkan bahwa fisik yang bugar, yang dikarenakan rutin berolahraga, memiliki tingkat harapan hidup lebih tinggi. Dengan kata lain, manfaat latihan kebugaran jasmani dan fisik yang terjaga dengan baik akan bermanfaat dalam menurunkan risiko seseorang mengalami kematian dini.

Meningkatkan kinerja organ-organ penting di dalam tubuh

Jika ditanya apa manfaat melatih kebugaran jasmani, jawabannya tentu karena itu juga dapat membantu meningkatkan kinerja organ-organ penting di dalam tubuh. Dengan memiliki fisik yang prima, organ penting seperti jantung, misalnya, akan mampu memompa darah ke seluruh tubuh secara efisien. Pun, tubuh yang fit memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung. Tubuh yang tidak memiliki kebugaran jasmani ditambah dengan berat badan berlebih akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

Selain itu, menjaga kebugaran jasmani dapat meningkatkan kinerja paru-paru. Organ tersebut akan mampu mendistribusikan dan mengolah oksigen di dalam tubuh secara maksimal. Alhasil, kamu pun akan terhindar dari berbagai masalah pernapasan.

Meningkatkan kemampuan tubuh untuk memulihkan diri

Mengutip dari situs web American Society for Nutrition, adapun manfaat lain dari menjaga kebugaran jasmani adalah bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam memulihkan diri. Artinya, tubuh yang fit memiliki ketahanan dan kebugaran lebih baik ketika menghadapi cedera. Hal itu karena ketika seseorang rutin berolahraga, tubuhnya akan memiliki otot yang lebih kuat dan keseimbangan yang lebih baik sehingga kemampuannya untuk pulih pun menjadi lebih cepat.

Karena itulah, menjaga kebugaran jasmani begitu penting, khususnya bagi orang dewasa yang lebih tua—yang lebih rentan terhadap cedera ketika jatuh. Sementara untuk anak-anak, menjaga kebugaran jasmani sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan.

Meningkatkan Mood dan Daya Energi

Kebugaran jasmani yang baik umumnya dapat menaikan mood atau kondisi psikologis dan mental dari sesorang. Latihan fisik ringan untuk menjaga kebugaran jasmani bisa menjadi cara terbaik memiliki mood yang stabil dalam menjalani kegiatan sehari-hari sekaligus mengurangi stres.

Cara Menjaga Kebugaran Jasmani pada Masa Pandemi

Setelah tahu apa saja manfaat kebugaran jasmani, khususnya selama kita melalui masa pandemi, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk latihan kebugaran jasmani kamu. Yuk, disimak, dan rasakan manfaat dari melakukannya!

Mencoba Olahraga Low Intensity Steady State (LISS)

LISS adalah jenis olahraga atau latihan kebugaran jasmani yang sangat dianjurkan untuk mereka yang masih pemula atau terbilang jarang melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik ini juga baik untuk mereka yang tergolong penderita diabetes atau yang memiliki masalah dengan obesitas. Jadi, pada dasarnya, LISS adalah jenis olahraga kardio yang memiliki intensitas latihan ringan, tetapi dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Akan membakar kalori secara perlahan, sambil menjaga kebugaran jasmani.

Durasi latihan LISS biasanya sekitar 20 sampai 45 menit. Beberapa kegiatan yang termasuk dalam jenis latihan ini adalah bersepeda, berenang, jogging, dan lompat tali. Cocok bagi kamu yang ingin memulai menjaga kebugaran jasmani.

Mencoba Olahraga High Intensity Interval Training (HIIT)

HIIT bisa dikatakan adalah kebalikan dari LISS. Jenis olahraga kardio ini memiliki intensitas latihan yang cenderung tinggi. Interval waktunya memang singkat hanya 10-20 menit saja. Akan tetapi, HIIT melibatkan jenis latihan fisik yang berat—dan umumnya dipilih oleh orang yang ingin menurunkan berat badan atau meningkatkan fleksibilitas tubuh. Adapun jenis-jenis latihan yang termasuk dalam HIIT adalah lari sprint, zumba, plank, pilates, dan masih banyak lagi. Memiliki manfaat untuk membakar kalori di dalam tubuh dan tentu saja menjaga kebugaran jasmani kamu.

Jika kamu ingin mencobanya, sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu selama 5-10 menit dengan jogging ringan. Baru setelah itu, kamu bisa melanjutkannya dengan lari sprint selama 20 detik dan kemudian mengulangi latihan tersebut sebanyak 5-10 kali. Cocok untuk mengurangi berat badan dan menjaga kebugaran jasmani. Punya manfaat menurunkan risiko terkenan berbagai penyakit juga.

Demikian beberapa manfaat dari menjaga kebugaran jasmani yang juga bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena penyakit sekaligus melatih kesehatan mental, dan cara tepat untuk melakukannya. Yuk, segera dicoba agar kebugaran jasmani kamu selalu fit selama melalui masa pandemi!

No ratings yet.

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.