5 Manfaat dari Yoga Twist Untuk Kesehatan Fisik Maupun Mental

Yoga Twist adalah sebuah praktik yoga yang melibatkan rotasi atau perputaran toraks (bagian tengah tubuh) dan pelvis (panggul) agar dapat merangsang, memperkuat, serta meregangkan otot inti dan tulang belakang.

Secara umum, Yoga Twist aman dilakukan selama tetap memperhatikan batasan pada pergerakan tubuh dan tingkat kemampuan yang Anda miliki.

Yoga Twist membawa sejumlah manfaat yang signifikan bagi kesehatan fisik maupun mental. Beberapa manfaatnya antara lain:

1. Meredakan Sakit Punggung

Gerakan rotasi atau berputar dalam Yoga Twist akan membantu mengurangi ketegangan dan kekakuan pada otot-otot punggung sehingga dapat meredakan sakit punggung yang Anda derita akibat gaya hidup yang kurang aktif.

2. Meningkatkan Fleksibilitas

Praktik Yoga Twist secara konsisten dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh, terutama pada bagian punggung, bahu, dan leher.

3. Memperbaiki Pencernaan

Gerakan berputar dalam Yoga Twist dapat merangsang sistem pencernaan dengan memijat-mijat organ dalam perut yang mana ini dapat membantu mengurangi masalah pencernaan, seperti sembelit dan kembung.

4. Meningkatkan Konsentrasi

Gerakan Yoga apa pun membutuhkan fokus yang baik untuk menjaga keseimbangan, mencapai posisi yang diharapkan, dan mengatur pernapasan. Tentunya ini dapat melatih Anda untuk meningkatkan dan menjaga konsentrasi dalam waktu yang lama.

5. Merelaksasi Otak dan Pikiran

Manfaat Yoga Twist berikutnya adalah merelaksasi otak dan pikiran. Hal ini bisa terjadi karena praktik yoga selalu mengedepankan pernapasan. Dengan begitu, Anda akan merasa jauh lebih tenang karena menghentikan sementara pikiran negatif dan kecemasan yang mengganggu selama ini.

No ratings yet.

Please rate this