manfaat dance untuk kesehatan

Ada Banyak Manfaat Dance untuk Kesehatan, Yuk Mulai Bergerak!

Dance merupakan olah gerak tubuh yang diiringi oleh irama dan musik. Dance merupakan bentuk ekspresi emosi, interaksi sosial, hingga olahraga manfaat dance untuk kesehatan. Dance juga memiliki kegunaan untuk mengekspresikan ide-ide cerita. Dance melibatkan sebagian hingga semua bagian tubuh yang manfaatnya sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

Dance atau menari memiliki beberapa ragam yang bisa Anda pilih salah satu untuk Anda gemari atau jadikan hobi. Terdapat ragam dance mulai ballet, ballroom dance, belly dance, pole dance, Zumba, flamenco, hingga aerobik. Genre irama yang bisa Anda jadikan pilihan pengiring yaitu hip-hop, jazz, house, hingga EDM.

Dance atau menari memiliki manfaat yang bagus untuk kebugaran dan kesehatan tubuhmu. Berbagai manfaat dance adalah sebagai berikut yang wajib Anda ketahui agar tubuhmu bisa lebih sehat dengan cara yang lebih fun. Simak ya!

Menambah Mood

Manfaat dance untuk kesehatan tubuh adalah bisa menambah mood. Aliran darah akan lebih lancar karena tubuh bergerak aktif. Aliran darah yang lebih lancar ini akan membuat tubuh menciptakan antidepresan alami berupa endorphin yang membuat tubuh menciptakan mood yang lebih baik.

Aliran darah yang lebih lancar juga membuat tubuh mampu mengontrol lemak tubuh. Manfaat ini akan membuat kadar kolesterol pada tubuh lebih stabil sehingga tubuh akan lebih sehat dan bisa terhindar dari penyakit kolesterol tinggi yang buruk bagi tubuh.

Otot Terbentuk

Dance yang Anda jadikan kegiatan berolahraga sehari-hari dengan cara yang lebih fun akan membuat otot tubuh lebih padat dan terbentuk. Dance yang dilakukan teratur sama dengan Anda melakukan olahraga kardiovaskular. Beberapa gerakan akan membantu tubuh lebih fit dan kuat seperti gerakan melompat yang mampu menambah ketahanan otot, meratakan perut, menghilangkan lemak, hingga pantat dan kaki lebih kencang.

Manfaat dance bagi kondisi tubuh adalah tulang dan sendi tubuh menjadi makin sehat. Gerakan dance yang teratur dan konsisten membuat tubuh menciptakan lubrikasi alami yang dapat mencegah penyakit arthritis.

Berat Badan Turun

Dance melibatkan gerakan tubuh yang cepat dan ritmis yang membuat tubuh mampu membakar kalori dan lemak berlebih pada tubuh lebih maksimal. Dance bisa jadi pilihan berolahraga yang fun tanpa harus kebosanan dengan pola ritmis yang sama. Kalori dan lemak tubuh yang terbakar akan membuat berat badan turun dan lebih fit. Jika Anda menginginkan bentuk dan postur tubuh yang lebih fit sesuai yang Anda inginkan, Anda bisa mewujudkannya lewat rutin melakukan dance.

Keseimbangan Terlatih

Beberapa gerakan dance akan melibatkan gerakan bertumpu hanya dengan satu kaki atau bertumpu pada tangan yang membuat tubuh jadi lebih terlatih keseimbangan. Manfaat dance untuk kesehatan tubuh adalah tubuh Anda lebih terjaga dan terlatih keseimbangannya sehingga cidera lebih bisa terhindari.

Stres dan Depresi Berkurang

Dance melibatkan berbagai gerakan yang membuat tubuh memompa lebih banyak darah ke seluruh bagian tubuh. Manfaat dance bagi kesehatan tubuh adalah stress dan depresi akan berkurang. Dance membuat tubuh lebih memompa semangat sehingga semangat yang lebih tinggi. Depresi dan stress yang dialami akan berkurang sehingga kesehatan batin yang merupakan bagian tubuh akan lebih baik.

Tubuh Lebih Fleksibel

Menari akan memberikan manfaat dance bagi kesehatan tubuh berupa fleksibilitas tubuh yang meningkat. Dance yang melibatkan pemanasan dan peregangan akan membuat tubuh jadi lebih kelenturan tubuh. Otot di tubuh akan jadi lebih lentur sehingga performa atletis Anda akan meningkat.

Postur Badan Menjadi Ideal

Dikarenakan gerakan tari menitikberatkan pada seluruh badan, tidak heran dansa menjadi olahraga yang ideal untuk membentuk tubuh proporsional. Seluruh titik otot digerakkan hingga aktif karena setiap dansa akan melibatkan bagian tubuh yang menciptakan gaya tarian tertentu.

Stamina Menjadi Bertambah

Gerakan dansa tentunya melibatkan keaktifan tubuh yang intens sehingga memacu badan untuk tetap kuat dan melatih pernapasan. Tidak hanya itu, sirkulasi darah pun menjadi lancar karena hampir seluruh tubuh digunakan untuk gerak. Hal ini bisa meningkatkan stamina dikarenakan terbiasa bergerak secara terus-menerus sehingga saat melakukan aktivitas lainnya menjadi tidak mudah lelah

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kembali ke poin nomor enam, dikarenakan dansa berpotensi membentuk postur tubuh yang ideal maka kepercayaan diri juga meningkat dikarenakan bergoyang bersama irama lagu dan tentunya membuat kualitas diri menjadi baik karena olahraga dansa ini mengajak kita untuk bersenang mendengarkan lagu dansa.

Daya Ingat Meningkat

Manfaat dance bagi kesehatan lainnya adalah daya ingat otak yang lebih meningkat dan terhindar dari pikun. Dance akan membuat volume yang hilang dalam hipokampus atau bagian otak yang mengontrol ingatan akan kembali sehingga saat usia Anda menua, ingatan akan tetap tajam.

 

Itulah manfaat dance bagi kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan. Anda akan jadi lebih sehat dan fit dengan rutin melakukan dance atau menari. Dance juga bisa Anda jadikan aktivitas olahraga yang fun. Selamat menari ya!

No ratings yet.

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.