Manfaat dan Fungsi Resistance Band untuk Olahraga di Rumah

Sudah bosan menggunakan dumbel, barbel, atau treadmill untuk berolahraga di rumah? Nah, alternatifnya kamu bisa menggunakan resistance band sebagai alat bantu olahraga selama berada di rumah. Fungsi resistance band ini cukup beragam. Alat yang terlihat sederhana tak hanya menguatkan masa otot saja.

Berikut adalah keistimewaan atau fungsi resistance band bagi tubuh:

1. Melatih Kekuatan Otot

Fungsi resistance band hampir dapat melatih semua kelompok otot tubuh. Bagi kamu yang ingin membuat otot tertantang, gunakan resistance band yang lebar dan tebal. Jenis resistance band ini semakin sulit untuk diregangkan, sehingga membutuhkan kekuatan yang lebih ekstra.

Sementara itu, resistance band yang tipis dan ringan dapat dengan mudah diregangkan. Kamu bisa menggunakan resistance band jenis ini untuk melatih kelompok otot kecil. Contohnya seperti trisep, bisep, dan otot punggung.

2. Melatih Fleksibilitas

Selain menguatkan otot, fungsi resistance band bisa digunakan untuk melatih fleksibilitas. Pada dasarnya, semua jenis resistance band baik untuk peregangan pasca-latihan, serta melatih mobilitas tubuh pra-latihan.

Biasanya, kita dibatasi oleh tingkat fleksibilitas dan rentang gerak yang dimiliki tubuh selama melakukan peregangan. Terkadang, bahkan kita membutuhkan orang lain untuk memberikan tekanan pada otot, ketika melakukan peregangan agar hasilnya efektif.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan menggunakan resistance band ini untuk membantu peregangan dan memperluas jangkauan gerak, serta memberikan tekanan. Contohnya, seperti peregangan hamstring berbaring.

3. Sebagai Killer Supersets

Cara lain untuk membuat latihan terasa lebih sulit tanpa menambah berat badan adalah dengan menggabungkan superset, atau berpindah dari satu latihan ke latihan berikutnya tanpa istirahat.

Nah, kamu bisa menggunakan resistance band ini sebagai killer superset bila pilihan peralatan olahraga di rumah sangat terbatas. Melatih otot yang sama secara berurutan dalam superset membantu melemaskan ototmu terlebih dahulu, dan membuatnya merasa bekerja lebih keras.

4. Gerakan Lebih Bervariasi

Fungsi resistance band lainnya adalah serbaguna. Meskipun dumbel atau barbel memberi daya angkat yang berat, keduanya tidak memiliki keserbagunaan seperti resistance band. Dengan resistance band kamu bisa melakukan berbagai variasi gerakan, yang mungkin tidak bisa dilakukan dengan dumbel atau barbel.

Ada berbagai gerakan menarik yang bisa kamu lakukan dengan resistance band. Contohnya perky cheeks deadlift, kick butt extension, resisted booty bridge, atau gerakan yang paling umum seperti side step squat.

Nah, itulah beberapa fungsi resistance band yang bisa kamu peroleh selama berolahraga di rumah. Yuk, rutin berolahraga agar daya tahan tubuh semakin prima di tengah pandemi COVID-19.

 

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment.