macam senam aerobik

3 Macam Senam Aerobik dan Manfaatnya

Senam aerobik ternyata memiliki banyak macam. Tidak hanya jenis senam seperti SKJ, tetapi senam seperti Zumba juga termasuk di dalmnya. Apa saja macam senam aerobik dan seberapa besar manfaatnya untuk tubuh? Berikut adalah penjelasannya.

 

Aquarobics

Sesi latihan ini dilakukan di kolam renang dan tersedia di beberapa pusat kebugaran atau melalui layanan kesehatan masyarakat setempat. Aquarobics adalah salah satu jenis senam aerobik yang memiliki resiko cedera rendah untuk meningkatkan kebugaran jantung dan kekuatan otot tanpa menekankan persendian. Ini sangat cocok untuk siapa saja yang hamil, memiliki masalah sendi dan kelebihan berat badan atau tidak terbiasa berolahraga.

Yang perlu dipertimbangkan saat Anda melakukan latihan ini adalah, seperti halnya berenang, aquarobik kurang efektif untuk menurunkan berat badan dan tidak meningkatkan kekuatan tulang. Jadi, bila Anda memiliki target untuk menghilangkan berat badan dalam jumlah besar, senam jenis ini kurang cocok.

Senam Isometrik

Senam jenis ini hanya melibatkan kelompok otot tertentu. Latihan seperti ini sangat aman, karena tidak memungkinkan peregangan atau pemanjangan otot karena sebagian besar waktu otot tidak bergerak sama sekali. Fisioterapis merekomendasikan latihan isometrik untuk pasien yang mengalami cedera otot.

Senam Isometrik adalah jenis terapi fisik yang melibatkan latihan statis. Dalam bentuk latihan ini, seorang individu harus tetap dalam posisi diam tanpa menggerakkan bagian tubuh mana pun. Contoh terbaik latihan isometrik adalah tetap pada satu posisi memegang berat atau mendorong dinding. Mungkin banyak yang menyamakan latihan ini dengan yoga ringan, namun senam isometrik masuk ke dalam golongan aerobik karena sangat membutuhkan kekuatan organ pernafasan Anda.

Zumba

Zumba adalah senam aerobik yang sangat populer akhir-akhir ini. Banyaknya gaya menari yang digunakan dalam satu olahraga seperti hip hop, Afrika, dan Amerika Latin dapat memberikan latihan aerobik dan meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan tulang serta, latihan akan terasa menjadi sangat menyenangkan. Zumba juga merupakan aktivitas dalam ruangan yang dapat Anda lakukan dalam semua kondisi cuaca. Kelas Zumba umumnya tersedia di banyak pusat komunitas, pusat kebugaran.

Hal yang perlu dipertimbangkan saat melakukan olahraga ini adalah Anda mungkin memerlukan sepatu khusus, tergantung pada tingkat kesusahan Zumba yang Anda pilih.

Memahami dua jenis latihan aerobik

Latihan aerobik memiliki dua jenis, yakni berdampak tinggi atau high impact dan berdampak rendah atau low impact. Untuk high impact, cenderung memiliki tingkat intensitas tinggi, yang berarti Anda membakar lebih banyak kalori. Jika Anda memiliki tingkat kebugaran dasar yang baik dan persendian yang kuat, olahraga berdampak tinggi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Sedangkan aerobik berdampak rendah memiliki intensitas latihan cenderung lebih rendah dari high impact. Namun, latihan aerobik berdampak rendah ini masih melatih otot-otot tubuh Anda dan meningkatkan denyut jantung Anda, tanpa ketegangan tambahan pada sendi Anda.

Pilih kardio berdampak rendah untuk memulai jika Anda baru memulai rutinitas kebugaran Anda. Olahraga berdampak rendah juga bisa lebih aman untuk orang tua atau cedera. Berenang adalah bentuk latihan aerobik berdampak rendah karena air memberikan daya tahan yang konstan untuk bekerja melawan sambil melindungi dan melindungi sendi Anda dari goncangan dan benturan.

Inilah berbagai macam jenis senam aerobik dan manfaatnya. Tergantung dari kebutuhan Anda, cobalah untuk melakukan olahraga ringan terlebih dahulu untuk melihat seberapa besar kekuatan tubuh sebelum mencoba olahraga dengan dampak tinggi.

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.