Header blog gangguan kelenjar adrenal

Lelah Setelah Berolahraga? Mungkin Gangguan Pada Kelenjar Adrenal

Kelenjar Adrenal

Gaya hidup yang penuh rasa stress telah mempengaruhi beberapa hal diantaranya gangguan kelenjar adrenal diri Anda. Kelenjar adrenal berada di atas ginjal, walau mungkin ukurannya kecil namun kelenjar adrenal ini memiliki fungsi yang luar biasa. 

kelelahan setelah olahraga

1. Fungsi Kelenjar Adrenal

Kelenjar adrenal atau adrenal ini bertanggung jawab untuk memproduksi sejumlah hormon penting, terutama hormon kortisol dan adrenalin. Hormon kortisol mendapatkan cap yang buruk karena seringkali dikenal sebagai hormon yang mengatur tingkat stress, tetapi yang tidak diketahui oleh banyak orang adalah hormon ini juga menjadi anti-inflamasi alami untuk tubuh Anda. Tanpa hormon kortisol, mungkin kita akan meninggal dengan cepat. 

2. Penyebab Kelenjar Adrenal Mengelami Gangguan

Ketika kita meminta supaya adrenal untuk memproduksi hormon kortisol secara berlebihan karena jadwal yang sibuk yang meliputi olahraga yang keras dan juga intensitasnya yang tinggi, mereka bisa saja terbakar dan sampai pada akhirnya adrenal tidak bisa memenuhi permintaan tersebut. Proses ini biasanya bertahap, berikut adalah beberapa gejala yang akan Anda alami jika hal itu terjadi :

 sering tertidur pagi hari 

3. Ciri – Ciri Gangguan Pada Kelenjar Adrenal

  • Anda sering tertidur di pagi hari 
  • Anda mengalami pusing atau sakit kepala setelah berolahraga 
  • Mengalami kegelisahan yang luar biasa 
  • Anda merasa lelah setelah berolahraga
  • Sulit untuk tertidur walau tubuh merasa lelah 
  • Anda merasa sulit untuk melewati hari-hari Anda tanpa kopi
  • Anda tidak bisa berjalan di luar ruangan tanpa menggunakan kacamata hitam 
  • Anda tiba-tiba ingin makan makanan yang asin 

teh herbal hangat

4. Gangguan Kelenjar Adrenal Bisa Diobati?

Untungnya, gangguan yang terjadi pada kelenjar adrenal Anda ini bisa pulih dengan sendirinya jika Anda memberikan perhatian dengan cara mengehentikan gaya hidup buruk Anda dan memulai dengan gaya hidup sehat. Hal yang bisa Anda lakukan untuk memulihkannya adalah dengan memiliki waktu tidur yang cukup. Membuang hubungan buruk dalam pekerjaan Anda, meluangkan waktu untuk merawat diri sendiri seperti dengan melakukan meditasi atau minum secangkir teh herbal hangat untuk bersantai di akhir hari. 

Olaharga berlebihan sebakan gangguan kelenjar adrenal

Kebanyakan dari kita melakukan kebiasaan olahraga dan menyatukannya dengan rutinitas harian kita mungkin akan membuat diri kita merasa payah. Jika Anda curiga bahwa diri Anda mengalami kelelahan atau gangguan pada adrenal Anda maka Anda bisa melewati HIIT workouts seperti misalnya bersepeda, kickboxing, bootcamp, atau bantuk-bentuk olahraga yang berhubungan dengan kardio. Anda bisa mengubah jenis olahraga dengan intensitas yang lebih rendah seperti misalnya dengan melakukan yoga, pilates, dan juga berjalan-jalan di alam terbuka. 

Meskipun penting bagi Anda untuk menjaga tubuh Anda tetap bergerak, namun melakukannya dengan niat dan tujuan yang tepat adalah hal yang paling penting, setidaknya Anda harus memikirkan pemulihan Anda dan juga membuat tubuh supaya berkeringat terus-menerus. Seiring berjalannya waktu, ketika adrenal Anda pulih maka Anda bisa melakukan olahraga HIIT Anda, jadi perubahan jenis olahraga ini hanya sementara saja. Anggap itu sebagai waktu untuk tubuh Anda beristirahat dari permainan. 

Baca Juga:

Cara Bergerak Aktif Untuk Gaya Hidup Sehat dan Tetap Fit
Senam Zumba Adalah

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.