BODYWEIGHT

Latihan dengan Berat Badan Sendiri (Bodyweight Training)

Olahraga yang menggunakan tubuh sendiri melawan gravitasi sebagai beban ini, sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru. Bodyweight training, telah ditekuni ribuan tahun lalu pada jaman Greek, Roman, dan Egyptian. Dalam pengaplikasiannya, banyak tipe yang dapat dilakukan dengan menggunakan badan sendiri, antara lain: calisthenics, yoga, latihan melompat (plyometric) untuk meningkatkan power, dan gimnastik.

Walaupun latihan ini dapat dilakukan dimana saja dengan alat yang sangat minimal, adaptasi yang diberikan pastinya berbeda dengan latihan yang menggunakan beban eksternal seperti mesin, barbell, dan dumbbell. Dengan perbedaan adaptasi ini, seseorang harus mengerti apa saja yang dapat diharapkan dari bodyweight training terlebih dari sisi komposisi tubuh, seperti berat badan, masa otot, atau persentase lemak. Selanjutnya seseorang juga dapat mengharapkan adaptasi performa tubuh yang berdampak terhadap komponen kebugaran seperti fleksibilitas, stabilitas, kekuatan, kecepatan, atau power.

Keunggulan Latihan dengan Berat Badan Sendiri

1. Meningkatkan Integrasi Tubuh

Bodyweight training tidak seperti dengan latihan isolasi seperti biceps curl yang hanya menggunakan satu sendi saja. Karakteristik ini membuat bodyweight training lebih terintegrasi dan fungsional yang mana menggunakan lebih dari satu sendi. Selain dari itu, latihan dengan berat badan sendiri identik dengan closed-kinetic chain, dimana torso bergerak relatif terhadap tungkai tubuh, tangan dan kaki.

2. Kekuatan Relatif

Bodyweight training juga dapat meningkatkan kekuatan tubuh. Berbeda dengan latihan menggunakan beban eksternal yang dapat meningkatkan kekuatan absolut; latihan ini meningkatkan kekuatan relatif (relative strength) – kekuatan dimana tubuh dapat mengangkat beban berdasarkan persentase berat badan. Peningkatan kekuatan relatif ini berdampak terhadap peningkatan kekuatan inti tubuh (core) dan juga stabilitas sendi.

3. Fleksibilitas Pola Gerakan

Berbeda dengan mesin dan beban yang didesain berdasarkan postur tubuh secara umum, yang membuat beberapa mesin mungkin tidak sesuai dengan postur tubuh seseorang. Latihan dengan menggunakan berat badan sendiri memberikan kebebasan tubuh terhadap pola gerakan yang dilakukan. Selain itu, seseorang dapat beradaptasi terhadap pola gerakan yang dilakukan sesuai dengan kemampuan dan struktural tubuh masing-masing.

4. Meningkatkan daya tahan core dan power

Melakukan latihan dengan berat badan sendiri terbukti dapat meningkatkan kecepatan dan power tubuh. Dalam penelitian yang dilakukan di tahun 2015, bodyweight training dapat meningkatkan performa lompat jauh (standing long jump), daya tahan core, dan kapasitas aerobik. Aplikasi latihan dengan berat badan di studi tersebut diaplikasikan selama 10 minggu terhadap subjek perempuan berusia 21-23 tahun.

Latihan dengan Berat Badan Sendiri dan Komposisi Tubuh

Dengan banyaknya manfaat latihan dengan berat badan sendiri, ada adaptasi yang tidak terjadi secara maksimal, spesifiknya terhadap komposisi tubuh. Dalam studi yang dilakukan Lipecki dan rekannya, latihan dengan berat badan sendiri tidak memberikan perbedaan penurunan persentase lemak. Sebaliknya, walaupun tidak secara signifikan, latihan dengan berat badan sendiri tersebut justru meningkatkan berat badan tubuh dan juga persentase lemak dari subjek penelitian. Hal ini terjadi dikarenakan total kalori yang terbuang tidak signifikan, dan juga studi tersebut tidak mengontrol sisi. Selain dari itu, latihan dengan berat badan sendiri yang dilakukan selama 10 minggu tersebut, juga tidak menunjukkan adanya peningkatan masa otot.

Pengaplikasian latihan dengan berat badan sendiri dapat dijadikan pola latihan yang digunakan sebagai fase mempertahankan kondisi tubuh seperti stabilitas, fleksibilitas, dan juga kekuatan core. Latihan ini juga dapat diaplikasikan kepada seseorang yang baru mau memulai untuk berolahraga. Selanjutnya, sejalan dengan tubuh beradaptasi terhadap stres yang terjadi dan tubuh mengalami peningkatan dari segi kekuatan, seorang individu harus meningkatkan intensitas latihan seperti menambahkan beban eksternal.

No ratings yet.

Please rate this