usaha gym

Kiat dan Cara Sukses Usaha Gym

Saat ini, lifestyle masyarakat perlahan berubah ke arah yang lebih positif. Semakin banyak orang yang sadar untuk menjaga kesehatan mereka. Berolahraga dengan fasilitas gym adalah salah satunya. Banyak yang mulai memanfaatkan gym untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kebugaran. Ini karena di dalam sebuah tempat gym telah tersedia beberapa fasilitas kesehatan sekaligus, mulai dari peralatan fitness, senam, hingga yoga.

Meningkatnya jumlah pengguna gym sekaligus membuat bisnis gym mulai menggeliat. Jika dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin bisnis gym mendatangkan keuntungan besar. Anda tertarik untuk memulai bisnis gym? Sebelum itu, mari simak bersama kiat dan cara sukses usaha gym berikut.

Paham betul dengan dunia fitness

Langkah pertama yang harus Anda ambil adalah memahami seluk beluk dunia fitness. Pahami bagaimana cara kerjanya dan apa saja risiko yang bisa timbul di kemudian hari. Cobalah untuk menjadi member gym dan rutin berlatih. Dengan sering berlatih di gym, Anda akan mengetahui dinamika usaha gym. 

Tumbuhkan rasa cinta pada dunia fitness. Tanamkan dalam pikiran Anda bahwa bisnis yang dibentuk nanti memang bertujuan untuk memberikan manfaat bagi sesama. Jangan terburu-buru menghitung untung dan rugi, buat diri Anda cinta pada dunia fitness terlebih dulu.

Menentukan target pasar

Anda tentu paham bahwa setiap gym berbeda. Ada gym yang memiliki fasilitas lengkap dan berbagai alat pendukung, namun ada juga gym yang peralatannya sederhana. Hal tersebut berkaitan erat dengan target pasar. Dalam merintis sebuah usaha, menentukan target pasar amat penting. Dengan menentukan target pasar, Anda bisa membuat business plan yang tepat.

Tentukan kira-kira siapakah target pasar Anda. Apakah gym Anda ditujukan untuk masyarakat kelas atas, kelas menengah, atau kelas menengah ke bawah. Apakah untuk karyawan, mahasiswa, atau justru menyasar keluarga. Lakukanlah riset kecil-kecilan untuk mengetahui mana kira-kira yang paling tepat untuk Anda. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan model budget yang dimiliki.

Menentukan tempat

Untuk mendirikan sebuah usaha gym, Anda tidak harus menyediakan tempat yang terlampau luas. Paling tidak, Anda memiliki ruangan seluas 300 m2. Ruangan dengan ukuran tersebut akan mampu untuk menampung beberapa peralatan fitness sekaligus. 

Jika memang belum memiliki tempat sendiri, Anda bisa menyewa ruko (rumah kantor) atau bangunan yang memang cocok untuk gym. Sebaiknya pilihlah lokasi yang berada di lantai dasar karena aktivitas di gym sangat tinggi dan memerlukan pondasi kuat.

Tentukan alat fitness yang akan digunakan

Setelah menentukan tempat, cara sukses usaha pusat kebugaran selanjutnya adalah menentukan alat fitness yang akan digunakan. Untuk hal ini, Anda harus teliti. Tidak perlu terburu-buru saat memilih alat. Jangan pula tergiur dengan peralatan yang dibanderol dengan harga murah. Anda bisa coba melihat pada gym yang sudah ada dan kemudian menentukan kisaran harga.

Harga peralatan fitness memang sangat beragam, sesuai dengan kualitas yang diberikan. Anda bisa mencoba paket peralatan fitness yang ditawarkan distributor. Biasanya mereka akan memberikan harga ekonomis yang cocok bagi pebisnis pemula. Di samping itu, Anda juga sebaiknya memperhitungkan biaya perawatan alat.

Mencari trainer yang tepat

Selain alat, fasilitas gym yang bisa menarik pelanggan adalah adanya trainer yang profesional. Trainer atau instruktur bertugas mengarahkan pelanggan saat berlatih. Dengan demikian, mereka bisa mencapai target yang diimpikan dan latihan mereka tetap efektif.

Mengingat betapa krusialnya peran trainer di sebuah gym, Anda harus bersikap selektif. Pilihlah trainer yang memang mencintai dunia fitness. Pastikan trainer pilihan Anda memang memiliki jiwa yang senang berbagi. Dengan begitu, mereka tidak akan pelit ilmu kepada para pelanggan fitness Anda.

Ingat, pelanggan yang puas akan dengan senang hati mempromosikan bisnis Anda kepada orang lain bahkan tanpa diminta. Untuk itu, perlakukanlah mereka dengan pelayanan terbaik, termasuk dengan menyediakan trainer yang tepat. 

Gym bukan sekadar angkat beban

Cara sukses usaha gym yang terakhir adalah dengan membuat gym yang bervariasi. Perlu Anda ingat, gym bukanlah sekadar tentang mengangkat beban berat. Gym adalah tentang mempertahankan kebugaran tubuh agar tetap sehat jiwa dan raga. Maka dari itu, sebaiknya Anda menawarkan jenis olahraga lain di samping angkat beban.

Olahraga kebugaran yang sedang banyak digandrungi adalah senam aerobik seperti zumba dan HIIT (high intensity interval training). Olahraga semacam ini disenangi karena fun dan dipercaya mampu membakar kalori dalam jumlah banyak. Intinya, buatlah gym Anda menarik dengan menghadirkan beragam pilihan kelas.

Itulah cara sukses usaha gym bagi pemula. Nah, jika Anda ingin peluang keuntungan dalam usaha gym yang lebih besar lagi, bergabunglah menjadi mitra ReFIT di mana Anda bisa membuka cabang ReFIT gym, tentunya dengan bantuan tim konstruksi dan interior design, tim pemasaran dan branding, tim HRD, tim IT, serta tim cleaning dan maintenance yang akan membantu Anda memaksimalkan profit dan meminimalisir beban operasional. Mari wujudkan cita-cita Anda membuka usaha gym bersama ReFIT.

No ratings yet.

Please rate this

Sebagai pendiri dan CEO ReFIT Indonesia, Irawan Amanko berhasil melebarkan sayap ReFIT Club dan mendukung pola hidup sehat masyarakat Indonesia dengan 7 cabang ReFIT yang sudah didirikan. Irawan berkomitmen untuk mengembangkan industri fitness di Indonesia dalam menggerakkan semua lapisan masyarakat agar menjalankan gaya hidup yang sehat dan benar.

Leave a Comment.