keuntungan olahraga trx

5 Manfaat dan Keuntungan Olahraga TRX

Walaupun bisa dibilang masih relatif baru di Indonesia, keuntungan TRX sudah menjadi olahraga yang populer. TRX, atau total body resistance, awalnya ditujukan untuk tentara militer Amerika Serikat yang butuh untuk melakukan olahraga di ruangan terbatas. Alhasil, dalam membangun massa otot, Anda pun harus mengandalkan berat tubuh sendiri. Idealnya, Anda hanya membutuhkan seutas tali untuk melakukan olahraga TRX ini.

Melalui olahraga TRX, Anda bisa membentuk koordinasi, kekuatan, fleksibilitas, keseimbangan, dan stabilitas otot serta sendi. Lebih rinci lagi, ini dia berbagai keuntungan TRX yang bisa Anda rasakan jika Anda melakukannya secara rutin.

Cocok dilakukan oleh para pemula

Meskipun awalnya hanya digeluti oleh tentara Amerika Serikat, TRX sebetulnya juga cukup aman dilakukan oleh para pemula. Siapa saja bisa mulai mencobanya, bahkan Anda yang mungkin baru pertama kali akan melakukannya. Ini karena pada olahraga TRX, intensitas sesi latihan bisa disesuaikan dengan kemampuan hanya dengan mengubah posisi tubuh. Hal ini akan berpengaruh pada penambahan atau pengurangan resistensi otot Anda.

Risiko cedera yang cenderung minim

Tahukah Anda bahwa olahraga TRX hanya mengharuskan Anda untuk melakukan beberapa jenis gerakan saja? Idealnya, gerakan dasar TRX mencakup sit up dan push up yang ditambah sejumlah kombinasi.

Anda tidak diminta untuk melakukan gerakan-gerakan yang ekstrem. Tidak semua bagian tubuh Anda akan mengangkat beban, hanya sebagian yang kemungkinan akan menggantung di atas tali. Gerakan-gerakan seperti ini pun tidak memberatkan tubuh Anda. Dengan kata lain, TRX merupakan olahraga yang cenderung minim risiko.

Bantu menurunkan berat badan

Jika Anda sedang dalam program penurunan berat badan, maka olahraga TRX adalah solusinya. Yes, salah satu keuntungan TRX adalah membantu Anda menurunkan berat badan. Pasalnya, dalam satu sesi latihan saja, olahraga TRX bisa membantu membakar sampai 400 kalori. Namun, hal ini ergantung pula pada kondisi tubuh dan intensitas latihan Anda. Jadi, bisa saja jumlah kalori yang terbakar lebih banyak atau sedikit.

Tidak hanya itu, menjalankan olahraga TRX secara rutin juga dapat membantu Anda mengurangi persentase lemak tubuh serta menurunkan ukuran lingkar pinggang. Walaupun begitu, ingatlah untuk tetap mengimbangi olahraga TRX dengan pola makan yang sehat dan tidak berlebihan.

Latihan untuk membentuk otot

Keuntungan TRX selanjutnya adalah mampu membentuk otot. Pada dasarnya, olahraga TRX memberikan beban kepada otot untuk membentuk penebalan massa otot. Dari sini, jumlah serat otot Anda pun akan ikut terbentuk pula. Mulailah dari beban yang lebih ringan dan tambahkan beban tersebut secara signifikan agar otot Anda bisa beradaptasi. Jika ini dilakukan secara rutin, maka ketahanan, kekuatan, dan fleksibilitas otot Anda pun akan meningkat drastis.

Melatih tubuh secara keseluruhan

Tidak berlebihan rasanya menyebut TRX sebagai olahraga yang all-in-one karena ada begitu banyak manfaatnya yang bisa Anda rasakan. Biasanya, untuk mencapai banyak tujuan olahraga, Anda harus melakukan banyak jenis latihan. Bisa juga harus menggunakan banyak alat berbeda di tempat gym. Namun, TRX mampu memberikan banyak keuntungan dalam satu latihan.

Anda hanya harus bertumpu pada tali yang kuat, dengan tubuh sendiri menjadi bebannya. Melalui seutas tali ini, Anda bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin untuk latihan perut, dada, punggung, lengan, kaki, sampai paha. Alhasil, keuntungan TRX seperti berat badan turun, penurunan risiko penyakit jantung, hingga menjaga tekanan darah pun bisa Anda dapatkan.

 

Bagi Anda yang ingin mulai berolahraga, TRX bisa menjadi pilihan yang tepat. Kalau Anda ragu untuk memulainya sendiri, Anda dapat bergabung dengan kelas TRX di ReFIT. Anda akan dibimbing oleh instruktur profesional sehingga dapat mengoptimalkan setiap gerakan Anda.

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.