keuntungan olahraga fitness ball

Sudah Tahu Olahraga Fitness Ball? Ini 5 Keuntungannya

Fitness ball adalah sebuah alat latihan yang fleksibel dan dinamis yang harus Anda pertimbangkan saat berolahraga. Ada banyak keuntungan olahraga fitness ball yang belum banyak diketahui oleh orang. Padahal, penggunaan fitness ball saat berolahraga memberikan banyak manfaat yang baik terhadap kesehatan tubuh. Belum lagi penggunaannya dalam olahraga yang tidak ribet dan juga mudah dilakukan.

Fitness ball sendiri sering disebut-sebut sebagai sebuah alat yang memiliki banyak manfaat. Untuk mengetahui apa saja keuntungan olahraga fitness ball, Anda bisa mengeceknya di bawah ini.

Melatih Keseimbangan

Keuntungan olahraga fitness ball yang bisa Anda dapatkan adalah melatih keseimbangan tubuh. Saat Anda duduk di atas fitness ball, posisi tubuh Anda secara otomatis menyesuaikan posisi agar tubuh Anda seimbang dan tidak jatuh.

Pada saat Anda menyeimbangkan tubuh untuk duduk dalam posisi sedemikian rupa, Anda menggunakan otot perut dan punggung. Oleh sebab itu, Anda bisa mendapatkan perut yang lebih rata dengan olahraga menggunakan fitness ball ini. Selain itu, Anda juga bisa mengatasi sakit punggung yang Anda punya.

Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Anda juga bisa meningkatkan fleksibilitas atau kelenturan tubuh Anda dengan menggunakan fitness ball saat berolahraga. Penggunaan fitness ball dalam pemanasan saat berolahraga mampu mencegah Anda mengalami cedera. Selain itu, berolahraga menggunakan fitness ball juga bisa membantu menjaga kesehatan fungsi otot serta sendi tubuh Anda.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda juga harus berolahraga menggunakan fitness ball secara rutin. Hasilnya, selain mengurangi risiko cedera, Anda juga bisa melatih sendi dan otot tubuh Anda.

Memperkuat Otot

Adapun keuntungan olahraga fitness ball lain yang bisa Anda dapatkan adalah kemampuannya dalam memperkuat otot tubuh Anda. Seperti yang telah dijelaskan di atas, dengan menggunakan fitness ball saat berolahraga, otot-otot di tubuh Anda seperti otot perut dan punggung secara otomatis menyesuaikan posisi duduk Anda di atas fitness ball.

Dengan demikian, jika Anda melakukan olahraga dengan menggunakan fitness ball secara konstan, sudah barang pasti Anda melatih kekuatan otot yang ada di tubuh Anda. Hasilnya, otot-otot di tubuh Anda semakin terjaga stabilitasnya.

Menjaga Kesehatan Tulang

Fitness ball sering sekali digunakan juga untuk terapi fisik. Ini karena fitness ball mampu mengatasi masalah sakit atau pegal di tulang. Penggunaan fitness ball saat olahraga memberikan Anda kesempatan untuk melakukan peregangan pada punggung bagian bawah Anda sehingga tulang-tulang Anda terlatih untuk menyesuaikan posisi tubuh Anda.

Alhasil, dengan adanya peregangan seperti itu, tulang-tulang tubuh Anda bisa kembali kuat. Selain itu, jika Anda punya sakit punggung, fitness ball bisa mengurangi rasa sakit yang Anda punya.

Olahraga Kardio

Menggunakan fitness ball saat berolahraga sangat membantu melatih kardio Anda. Penggunaan fitness ball dalam olahraga dinilai efektif dalam meningkatkan detak jantung. Jika dilihat dari tingkat stabilitas bolanya yang ringan, Anda bisa dengan mudah menggabungkan beberapa gerakan cepat atau olahraga lainnya untuk meningkatkan kardio Anda.

Selain itu, penggunaan fitness ball dalam olahraga kardio sendiri juga sering dipakai. Banyak orang yang memanfaatkan kelenturan dari fitness ball untuk membakar lemak di tubuh mereka. Hal ini menambah nilai plus pada alat fitness satu ini.

 

Keuntungan olahraga fitness ball memang bisa Anda dapatkan dengan tanpa perlu susah payah seperti berolahraga di gym. Bahkan, Anda juga bisa melakukan olahraga fitness ball sendiri di rumah. Kemudahan dalam menggunakan fitness ball dalam berolahraga bisa Anda dapatkan dengan membeli alat olahraga satu ini di toko-toko peralatan olahraga terdekat di rumah Anda. Jika tidak, Anda juga bisa mendatangi gym langganan Anda untuk berolahraga menggunakan fitness ball ini.

5/5 (1)

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.