keuntungan olahraga core

Apa Itu Olahraga Core dan 3 Manfaatnya

Siapa, sih, yang tidak ingin memiliki tubuh ideal? Tentunya hal tersebut tidak bisa didapatkan secara instan. Dibutuhkan usaha yang konsisten, salah satunya bisa dengan keuntungan olahraga core. Disebut juga dengan core motion, olahraga core fokus pada pembakaran kalori dan pembentukan otot di seluruh bagian tubuh, khususnya tubuh bagian atas. Tentunya ada sejumlah keuntungan olahraga core yang bisa Anda rasakan. Berikut ulasan selengkapnya.

Berasal dari Amerika Serikat

Dilansir dari situs Okezone.com, olahraga core muncul sebagai inspirasi dari latihan Core Rhythms. Julia Powers dan Jaana Kunitz adalah dua sosok yang mengembangkan latihan tersebut. Dua orang asal Amerika Serikat ini merupakan juara kompetisi Ballroom Dance tingkat dunia. Berbasis core exercise dan gerakan latin dance, mereka pun membuka program kelas khusus.

Seiring berjalannya waktu, olahraga core pun mulai diadaptasi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Bahkan gerakan-gerakannya pun lebih universal, mulai dari disko, jazz, belly dance, dan hip hop. Gerakan-gerakan tersebut diiringi dengan musik populer yang cukup menghentak.

Gerakan dalam olahraga core

Umumnya, satu sesi olahraga core berlangsung selama kurang lebih lima puluh menit. Dalam satu sesi ini saja, Anda sudah bisa membakar hingga 300 kalori dalam tubuh, tergantung dari kondisi tubuh dan intensitas latihan. Nah, agar keuntungan olahraga core bisa didapatkan secara optimal, latihannya pun dibagi menjadi tiga gerakan utama.

  • Crunch

Seperti yang disebutkan sebelumnya, olahraga core memang cenderung lebih fokus pada tubuh bagian atas walaupun pembentukan otot bisa terjadi di seluruh tubuh. Pada gerakan crunch ini, Anda akan fokus pada perut bagian depan terlebih dulu. Umumnya, gerakan crunch mirip dengan sit up, tapi rentang gerakannya cenderung lebih sempit.

  • Hips

Sesuai namanya, gerakan hips memang fokus pada otot-otot hips atau panggul. Biasanya, Anda akan diharuskan untuk menggerak-gerakkan kaki dengan tenaga yang powerful mengikuti irama musik. Bahkan beberapa gerakan mengharuskan Anda untuk menggoyang-goyangkan bokong.

  • Twist

Sementara itu, gerakan twist cenderung fokus pada perut bagian samping. Variasi gerakannya cukup banyak, salah satunya gerakan ke kanan dan kiri untuk menekan bagian samping perut. Tentunya sambil tetap mengikuti irama musik.

 

 

Berbagai keuntungan olahraga core

Pada dasarnya, beberapa keuntungan olahraga core yang utama adalah membakar lemak, meningkatkan kesehatan jantung, dan memperbaiki kelenturan tubuh. Secara lebih detail, ini dia berbagai keuntungan lain dari olahraga core yang bisa Anda rasakan sendiri:

  • Meningkatkan keseimbangan tubuh

Otot perut menjadi salah satu bagian tubuh yang paling terkena dampak baik dari olahraga core. Pasalnya, jika otot perut tidak terlatih dengan baik, maka tubuh bagian belakang akan mengambil alih untuk bekerja. Nah, hal ini bisa meningkatkan risiko cedera saat Anda melakukan aktivitas sehari-hari seperti menggendong anak.

  • Mengoptimalkan kerja torso

Kinerja otot-otot tubuh sangat dipengaruhi oleh kondisi torso. Jadi, kondisi torso Anda kurang kuat, otot-otot lain dalam tubuh tidak akan bisa bekerja secara maksimal. Karena kekuatan tubuh tidak optimal, kondisi ini pun bisa menghambat Anda saat berolahraga

  • Memperbaiki postur tubuh

Bagi Anda yang punya masalah postur tubuh kurang baik, olahraga core bisa menjadi salah satu solusi yang tepat. Keuntungan olahraga core adalah mampu memperbaiki postur tubuh Anda, baik saat duduk, berjalan, dan olahraga. Postur tubuh yang baik bisa membantu Anda mengurangi risiko cedera otot.

 

Dengan berbagai keuntungan olahraga core di atas, semoga Anda jadi tertarik untuk mulai melakukan olahraga tersebut. Sebagai permulaan, Anda bisa bergabung dengan Kelas Core yang disediakan oleh ReFIT. Dipandu oleh instruktur profesional, Anda bisa mendapatkan keuntungan olahraga core secara optimal.

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.