mengatasi stres

Ketahui 5 Cara Mudah Mengatasi Stres, Apa Saja?

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang stress. Mulai dari masalah ekonomi, banyaknya tekanan pekerjaan, permasalahan dengan rekan kantor atau bahkan permasalahan rumah tangga. Stres yang dihadapi tentu normal, namun akan menjadi masalah besar jika stres tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi stres.

Sebagian besar dari Anda mungkin ada yang tak menyadari tanda-tanda stres. Dilansir dari The Healthy, gejala stres bisa bersifat fisik atau psikologis. Gejala fisik yang umum terjadi meliputi kelelahan, sakit kepala, sakit perut, ketegangan otot, perubahan nafsu makan, merasa sering pusing hingga perubahan gairah seks. Adapun gejala psikologis yang terjadi jika stres melanda ialah mudah marah, mudah menangis, sering merasa gugup, dan kekurangan energi.

Tips untuk mengatasi stres

  • Yoga dan meditasi

Cara pertama untuk mengelola stres yang bisa Anda coba ialah melakukan yoga dan meditasi. Tak sedikit penelitian yang membuktikan jika berlatih yoga, mindfulness, atau meditasi dapat mengurangi gejala stres. Anda bisa mencoba kelas yoga di pusat kebugaran atau kelas yoga yang ReFIT Indonesia sediakan.  Anda juga bisa memulai yoga Anda sendiri dengan memanfaatkan aplikasi atau video panduan yoga online gratis saat berlatih di rumah.

  • Olahraga

Anda juga dapat menyegarkan pikiran dari permasalah yang ada dengan berolahraga. Faktanya, penelitian menunjukkan mereka yang berolahraga secara teratur terbukti lebih jarang mengalami stres dibandingkan dengan mereka yang tidak olahraga. Latihan aerobik menjadi olahraga yang bisa dipilih. Anda juga dapat mengunjungi tempat gym untuk mendapatkan suasana olahraga yang nyaman dan mendukung.

  • Tidur

Tidur malam yang tak berkualitas membuat segalanya menjadi lebih buruk, terutama stres. Kurang tidur dapat mempengaruhi suasana hati dan kemampuan berpikir Anda yang pada akhirnya dapat membuat Anda merasa tertekan. Jadi cobalah untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas untuk mengurangi stres.

  • Menolong sesama

Dengan menolong sesama, Adan bisa mendapatkan energi positif dari orang lain. Penelitian menunjukkan bahwa memberi kepada orang lain, termasuk membantu teman dan keluarga atau menyumbangkan waktu untuk acara amal, dapat meningkatkan emosi positif dan mengurangi stres. Jadi, jangan ragu untuk berikan pertolongan atau membantu sesama.

  • Batasi media sosial

Secara tak sadar Anda kerap membandingkan diri Anda dengan apa yang Anda lihat di media sosial.  Akui saja, terkadang apa yang Anda lihat di media sosial dapat membuat Anda tertekan hingga stres. Jadi bantulah diri Anda sendiri dengan mengurangi penggunaan media sosial.

No ratings yet.

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.

Leave a Comment.