manfaat yoga sebelum tidur

Jangan Salah! Yoga Sebelum Tidur Punya 4 Manfaat Ini

Yoga adalah bentuk latihan yang disukai oleh supermodel dan selebriti, seperti Miranda Kerr dan Jessica Alba. Yoga dapat membantu memperkuat otot inti Anda, meningkatkan fleksibilitas, dan meningkatkan pernapasan dan energi Anda, tetapi apa manfaat yoga sebelum tidur? Mengapa yoga sebelum tidur ditengarai sebagai salah satu jenis olahraga paling bagus?

 

Manfaat terbaik yoga untuk tidur nyenyak

Yoga dapat membantu membentuk keseimbangan batin Anda dan Chakra, membuatnya menjadi bentuk latihan yang jauh lebih berat daripada kardio. Dengan cara ini, ini dapat membantu menenangkan pikiran Anda, menenangkan suasana hati Anda dan menghilangkan tekanan di hari itu. Jika Anda menderita sakit otot atau nyeri pada persendian, maka yoga akan membantu mengatasinya, dan memberi Anda tidur yang jauh lebih baik.

Yoga membantu meningkatkan kesehatan peredaran darah dan aliran energi ke seluruh tubuh Anda, membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih puas. Ketika Anda tidur dengan perasaan nyaman dan lebih rileks, Anda memiliki tidur yang jauh lebih baik daripada saat Anda tidur dengan marah dan stres.

30 menit sebelum tidur sudah cukup

Cukup dengan 30 menit sebelum tidur, manfaat yoga  bisa Anda rasakan saat itu juga. Perangkat elektronik seperti televisi dan ponsel dapat mengganggu tidur Anda dan membuat Anda merasa lebih terjaga ketika Anda pergi tidur. Memilih untuk melakukan yoga sebagai gantinya akan membuat Anda tertidur lebih cepat.

Jika Anda stres tentang sesuatu atau memiliki sesuatu di pikiran Anda, yoga dapat membantu menjernihkan pikiran dan menyeimbangkan anda. Pergi tidur dengan pikiran stress dapat membuat Anda terjaga untuk malam. Tidur pun akan makin susah, jadi berlatih yoga akan membantu mencegah hal itu. Bila Anda tidak memiliki waktu banyak Anda bisa berlatih yoga 15 menit sehari memiliki banyak manfaat kesehatan! Terutama ketika Anda menggunakan latihan yoga untuk relaksasi sebelum tidur.

Child pose adalah pose yoga terbaik sebelum tidur

Ada banyak jenis pose yoga yang dapat Anda praktikkan untuk mengaktifkan berbagai bagian tubuh Anda. Namun sebelum tidur, pose terbaik adalah child pose. Pose ini memberikan tubuh peregangan yang diperlukan. Posenya pun membantu tubuh Anda untuk rileks, sehingga tidur pun akan makin lelap.

Coba kelas studio yang dekat dengan rumah Anda

Manfaat besar lain dari berlatih yoga di malam hari adalah bahwa jika Anda berada di studio, ukuran kelas kemungkinan besar akan lebih kecil daripada kelompok pagi hari — membuatnya lebih mudah untuk fokus dan (lebih mungkin) mendapatkan lebih banyak perawatan satu-satu dan perhatian dari instruktur Anda. Carilah kelas studio yang dekat dengan rumah Anda, sehingga ketika Anda merasa mengantuk setelah yoga, Anda tidak perlu ketiduran di jalan yang malah jadi membahayakan keselamatan Anda.

Bagian terbaik tentang meningkatkan kualitas waktu istirahat Anda adalah bahwa tidur yang nyenyak pasti akan mengurangi efek stres pada tubuh Anda. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, dan meningkatkan cara semua organ Anda berfungsi secara individu dan sebagai sebuah tim. Yoga bukan hanya kegiatan pagi hari, sebenarnya latihan malam hari adalah cara yang baik untuk mengakhiri hari Anda, mencapai tidur yang lebih nyenyak, dan pada akhirnya, meningkatkan seluruh kualitas hidup Anda!

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.