cara membuat tubuh ideal dalam 1 minggu

Inilah Cara Membuat Tubuh Ideal dalam 1 Minggu

“Bagaimana ya, cara membuat tubuh ideal dalam 1 minggu?” Anda mungkin sering menanyakan pertanyaan semacam ini. Sebenarnya, membentuk tubuh hingga mencapai bentuk ideal bukanlah sebuah proses yang instan. Namun, bukan berarti tidak ada upaya yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tubuh ideal dalam waktu 1 minggu.

Nah, untuk membantu Anda agar dapat mencapai tubuh ideal dalam waktu 1 minggu dan tentunya dengan prosedur yang aman, simak tipsnya berikut. 

Mencari tahu berat badan ideal Anda

Sebelum mulai, ketahuilah lebih dulu ukuran berat badan yang memang ideal untuk tubuh Anda. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui berat badan yang ideal. Salah satu yang paling populer adalah dengan menggunakan perhitungan BMI atau Body Mass Index. Perhitungan ini mengkalkulasikan berat badan dengan tinggi badan Anda. Berikut rumusnya:

BMI = Berat Badan : (Tinggi Badan)2

Misalnya, berat badan A adalah 60 kg dan tinggi badannya 1,70 m, maka BMI A adalah 20,8. Setelah mengetahui besaran BMI, yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengecek range BMI.

Underweight < 18,5
Normal 18,5 – 24,9
Overweight 24,9 – 29,9
Obese > 29,9

 

Hasil perhitungan BMI ini  bisa dijadikan patokan untuk menentukan cara membuat tubuh ideal dalam 1 minggu. Misalnya, jika Anda masuk dalam kategori overweight, maka intensitas olahraganya tentu harus lebih tinggi dari mereka yang masuk kategori normal. Untuk lebih jelasnya lagi, simak poin-poin pembahasannya di bawah ini.

Mengatur pola makan

Cara membuat tubuh ideal dalam 1 minggu yang pertama adalah dengan mengatur pola makan. Apa yang masuk ke dalam tubuh Anda sangat berpengaruh pada bentuk tubuh. Semakin banyak mengkonsumsi makanan yang tidak bernutrisi, maka semakin jauh tubuh Anda dari kata ideal. Sebaliknya, jika Anda mengkonsumsi makanan sehat dan bersih, maka tubuh ideal pun lebih mudah dicapai dalam waktu yang cepat.

Mengatur pola makan tidak sama dengan berhenti makan. Ingat, tubuh Anda selalu butuh nutrisi agar bisa tetap beraktivitas. Nutrisi tersebut diperoleh dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Makanlah lebih banyak buah dan sayuran. Hindari makanan cepat saji, makanan olahan, dan juga asupan gula berlebih. 

Jangan malas bergerak

Selain dengan mengatur pola makan, Anda juga harus memperhatikan aktivitas fisik sebagai salah satu cara membuat tubuh ideal dalam 1 minggu. Jangan harap Anda bisa mendapatkan tubuh ideal dengan bermalas-malasan. Lakukanlah olahraga rutin dan beri jeda satu hari untuk pemulihan tubuh. Berikut adalah beberapa olahraga sederhana tapi efektif untuk membentuk tubuh:

  • Squat

Squat adalah salah satu latihan ketahanan fisik. Gerakannya sederhana dan bisa dilakukan di mana saja. Pertama, berdiri tegak dan buka kaki hingga selebar pinggul. Kedua, turunkan tubuh perlahan-lahan seperti hendak jongkok. Pastikan tubuh sejajar dengan lantai dan dada dibusungkan untuk menghindari cedera. Terakhir, kembali pada posisi awal. Ulangi dengan 3×20 hitungan.

  • Crunches

Olahraga berikutnya adalah crunches. Latihan ini baik untuk melatih kekuatan otot perut. Caranya adalah dengan berbaring terlentang dan kemudian mengangkat tubuh bagian atas. Dimulai dengan posisi berbaring terlentang. Kemudian, tekuk lutut dengan telapak kaki menjejak lantai. Silangkan kedua tangan di depan dada. Setelah itu, angkat tubuh bagian atas. Ulangi dengan 3×12 hitungan. 

  • Plank

Latihan lainnya yang bisa dicoba adalah plank. Sama seperti squat, plank juga merupakan latihan ketahanan. Dengan plank maka otot tangan, perut, hingga kaki akan terlatih. Gerakannya simple. Anda cukup berbaring telungkup dan kemudian angkat tubuh dengan menggunakan otot perut. Lengan menghadap ke depan dan telinga hingga jari kaki dalam satu garis lurus. Pertahankan posisi ini selama 20 detik kemudian ulangi setelah jeda istirahat.

Anda juga bisa menambahkan variasi latihan lain seperti jogging atau skipping. Latihan kardio yang menyenangkan seperti senam aerobik juga bagus untuk membuat tubuh menjadi ideal.

Rutin minum air putih

Kebiasaan sehat yang satu ini sering dilewatkan banyak orang. Padahal, efeknya sangat luar biasa bagi tubuh. Rutin mengkonsumsi air sangat baik untuk sistem pencernaan Anda. Selain itu, air juga bebas kalori sehingga baik untuk menjaga bentuk tubuh. Konsumsi air sebanyak 2 liter atau 8 gelas dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Itulah beberapa cara membuat tubuh ideal dalam 1 minggu. Sebisa mungkin, hindarilah stres. Anda bisa melakukan meditasi di pagi hari setelah bangun tidur untuk mengelola emosi. Ingin hasil yang lebih maksimal? Lakukan olahraga rutin di tempat khusus seperti ReFIT. Anda bisa berkonsultasi dengan personal trainer yang akan memandu latihan pembentukan tubuh. Tetap semangat!

No ratings yet.

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.