cara mengukur berat badan ideal

Ini Dia Cara Mengukur Berat Badan Ideal Kamu

Memiliki berat badan ideal bukan cuma tentang mengikuti standar kecantikan saja, tetapi lebih kepada menjaga kesehatan tubuh. Terlebih lagi, peningkatan bobot tubuh dan berat badan berlebih atau obesitas bisa memicu berbagai risiko kesehatan, seperti stroke, osteoartritis, serangan jantung, dan diabetes tipe 2. Karena alasan itulah, menjaga dan memiliki berat badan yang ideal dan berada di angka yang tepat adalah salah satu upaya terbaik dalam memastikan kebugaran tubuh. Untuk itu, yuk ikuti cara mengukur berat badan ideal yang kami jabarkan di bawah ini!

Mengukur Berat Badan Ideal dengan Menggunakan Rumus Broca Index (BI)

Rumus menghitung berat badan ideal yang bernama Broca pertama kali muncul pada 1871, yang ketika itu dikembangkan oleh Pierre Paul Broca, seorang dokter di divisi angkatan darat Perancis. Namun di awal kemunculannya, rumus Broca sebetulnya hanya dipakai untuk menghitung berat badan normal. Akan tetapi, patokan tersebut kemudian diperluas pemakaiannya untuk cara menghitung berat badan ideal.

Alat yang dibutuhkan: stadiometer

Prosedur pengukuran:

Untuk bisa mengetahui atau menghitung berat badan inormal dengan rumus Broca, pertama-tama kamu harus tahu dahulu berapa tinggi badan (cm). Setelah itu, kurangi hasil kalkulasi tinggi badanmu—dalam ukuran centimeter—dengan 100. Jika bobot normal tubuhmu sudah diketahui, kamu pun bisa melanjutkan ke langkah menghitung berat badan ideal.

Hitung berapa 10% (untuk pria) atau 15% (untuk wanita) dari berat badan normalmu. Jika sudah tahu angkanya, kurangi berat badan normalmu dengan hasil tersebut. Dari situ, kamu bisa menghitung berat badan ideal (kg) yang kamu inginkan.

Contoh 1 cara untuk menghitung berat badan ideal pria dengan Broca Index

Mengetahui berat badan ideal (kg), tinggi badan 175 cm, untuk seorang pria.

Tinggi badan (cm): 175

Berat badan normal: 175 – 100 = 75 kg

Berat badan ideal: 10% dari 75 kg = 7,5 kg

Jadi, 75 kg – 7,5 kg = 67,5 kg

Hasilnya adalah 67,5 kg

Sehingga bagi seorang pria, berat badan idealnya adalah 67,5 kg jika dia memiliki tinggi badan 175 cm.

Contoh 2 cara untuk menghitung berat badan ideal wanita dengan Broca Index

Mengetahui berat badan ideal untuk wanita dengan tinggi 160 cm.

Tinggi badan (cm): 160

Berat badan normal: 160 – 100 = 60 kg

Berat badan ideal: 15% dari 60 kg = 9 kg

Jadi, 60 kg – 9 kg = 51 kg

Hasilnya adalah 51 kg

Sehingga bagi seorang wanita, berat badan ideal yang harus didapatkan adalah 51 kg jika dia memiliki tinggi badan 160 cm.

Rumus Broca banyak diaplikasikan kala itu karena penerapannya yang mudah dan hasilnya pun bisa cepat diketahui. Namun, penggunaan rumus ini kemudian diragukan keakuratannya sebab dinilai tidak efektif ketika diterapkan pada pengukuran berat badan ideal bayi atau bagi orang yang memiliki tinggi di bawah rata-rata.

Mengukur Berat Badan Ideal dengan Menggunakan Kalkulator BMI

Body Mass Index (BMI)/ Indeks massa tubuh (IMT) dianggap sebagai rumus pengukuran berat badan ideal yang lebih akurat ketimbang Broca. Nah, sebelum kamu mengulik lebih dalam terkait cara menghitung berat badan ideal dengan kalkulator BMI, ketahui dahulu beberapa poin penting di bawah ini:

  • indeks massa tubuh (IMT) normal berada pada angka 18,5 hingga 25. Artinya berat badan kamu ideal.
  • Apabila hasil hitungan indeks massa tubuh kamu ternyata melewati angka 25, itu artinya sudah termasuk kelebihan berat badan.
  • Akan tetapi, bila hasilnya justru di bawah 18, artinya kamu memiliki badan yang terlalu kurus.
  • Perlu dicatat kalau hasil perhitunganmu mencapai angka 40—atau bahkan lebih, maka segera periksakan ke dokter karena itu sudah tergolong kasus obesitas berat, sangat jauh dari berat badan ideal.

Contoh cara menghitung berat badan ideal dengan rumus Body Mass Index

Mengetahui berat badan ideal untuk pria/wanita dengan BB 60 kg dan tinggi 1,7 meter (patokan tinggi badan harus diukur dalam satuan meter).

Rumus = berat badan (kg): tinggi badan (m)

Maka nilai BMI-nya, 60 kg : (1,7 x 1,7) m2 = 60 : 2,89 = 20,7

Hasil itu menunjukkan bahwa BMI orang tersebut masih masuk kisaran berat badan normal/berat badan yang ideal.

Bahaya Dari Berat Badan Berlebih

Setelah mengetahui cara menghitung berat badan ideal di atas, tentu saja Anda ingin untuk mencapai berat badan tersebut, jika masih belum maka Anda harus tahu bahya dari berat badan yang berlebih. Akan ada banyak gangguan, baik secara fisik maupun psikis, yang dapat muncul sebagai akibat dari kegemukan, di antaranya:

Penyakit yang berbahaya untuk kesehatan

Penyakit yang cukup erat kaitannya dengan bahaya kegemukan, aadalah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, penyakit liver. Hormon insulin dapat juga dipengaruhi oleh berat badan yang berlebih, menyebabkan Anda terkena diabetes, yang akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Gangguan tidur

Dengan berat badan yang berlebih, Anda akan mengalami gangguan tidur. Salah satunya adalah sleep apnea, sebuah kondisi saat orang berhenti bernapas beberapa kali saat tidur, ini merupakan gangguan tidur yang sangat serius. Kadar oksigen turun drastis, yang akan bisa bedampak langsung ke jantung dan pembuluh darah Anda. Serta meningkatkan risiko diabetes dan stroke.

Gangguan pada lutut dan pinggang

Risiko terkena osteoporosis juga akan semakin tinggi. Ada juga risiko mengalami nyeri pada sendi lutut dan punggung karena tubuh menopang beban dari badan yang berlebih.

Meningkatnya risiko terkena kanker

Pada pria, berbagai jenis kanker seperti kanker esofagus, kanker ginjal, kanker pankreas, kanker tiroid, dan kanker kolon akan sangat mudah menyerang jika Anda memiliki berat badan yang berlebih. Untuk wanita, berat badan berlbih akan meningkatkan risiko terkena kanker ginjal, kanker kandung empedu, kanker esofagus, dan kanker rahim.

Demikian dua rumus menghitung berat badan ideal yang patut kamu coba di rumah dan risiko yang bisa kamu dapatkan jika memiliki berat badan yang berlebih. Yuk, terus jaga berat badan ideal tubuhmu untuk bisa memiliki berat badan ideal yang bisa menjaga kamu dari berbagai macam penyakit. Berat badan ideal juga menjadi kunci hidup sehat dan bugar. Selain itu jangan lupa juga untuk selalu rutin berolahraga untuk menyeimbangkan tubuh dan berat badan ideal kamu, salah satunya dengan bergabung menjadi member gym di ReFIT.

 

5/5 (2)

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.