Ini Cara Mengecilkan Paha dengan Cepat dan Alami

Salah satu cara mengecilkan paha yang mudah dan efektif adalah olahraga. Beberapa gerakan yang bisa kamu coba yaitu:

1. Rutin latihan kardio

Selanjutnya, kamu bisa melakukan latihan kardio untuk membuat paha lebih ramping. Misalnya, berjalan kaki, joging, treadmill, atau lompat tali. Semua aktivitas tersebut bisa kamu lakukan dalam ruangan dengan bantuan alat-alat kebugaran. Aktivitas itu ampuh untuk membakar lemak tubuh, terutama pada area paha.

Faktanya, rutin melakukan olahraga kardio bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

2. Lakukan gerakan fire hydrant untuk mengecilkan paha

Fire hydrant adalah salah satu gerakan yang mampu membantu mengecilkan ukuran paha. Aktivitas ini juga tak membutuhkan banyak biaya karena bisa kamu lakukan di rumah.

Caranya, ambillah posisi merangkak dan pastikan lutut dan tangan terbuka hingga selebar bahu dan pinggul. Lalu, angkat salah satu kaki dan luruskan hingga sejajar punggung. Hitung selama 8 detik, lalu turunkan dan ganti dengan kaki lainnya.

3. Naik turun tangga

Bagi sebagian orang, naik turun tangga memang melelahkan. Namun, ini menjadi salah satu pola hidup sehat sebagai cara mengecilkan paha. Jika kamu melakukannya secara rutin, kamu bisa memiliki paha dan betis yang ramping serta bokong yang kencang.

4. Plyometric squat untuk mengecilkan paha

Latihan ini tak hanya efektif membakar lemak paha, tapi juga memperkuat otot di dalamnya. Namun, latihan ini tidak cocok untuk kamu yang memiliki masalah pada lutut, karena gerakannya cenderung ekstrem.

Caranya, berdirilah dengan kaki terbuka selebar bahu. Lalu, jongkok dalam posisi 90 derajat. Kemudian lompat dan jatuhkan tubuh dalam posisi jongkok. Gunakan kekuatan penuh pada kaki dan bokong.

5. Lunges with dumbbell

Cara mengecilkan paha selanjutnya dapat kamu lakukan dengan gerakan lunges with dumbbell. Selain membakar lemak, gerakan satu ini juga dapat membantu menjaga keseimbangan dan koordinasi gerak tubuh.

Caranya, berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul. Pegang dumbbell seberat 2 sampai 5 kilogram pada setiap tangan. Posisikan kaki kiri selangkah pada bagian depan badan dan turunkan tubuh.

Lalu, turunkan kaki kanan yang posisinya ada pada bagian belakang secara perlahan hingga 1 senti mendekati lantai. Lakukan bergantian dengan kaki lainnya.

6. Side Shuffle Switch

Cara mengecilkan paha ini sekaligus membantu meningkatkan detak jantung. Cocok untuk kamu praktikkan sebagai gerakan pemanasan. Pertama-tama, berdiri dengan kaki rapat dan dua lengan pada bagian samping badan.

Lalu, geser 3 langkah ke kanan, kiri, dan kaki. Kemudian, akhiri dengan mengangkat lutut kiri ke atas sampai hampir mencapai siku kanan. Lakukan gerakan sebaliknya dan ulangi sampai 20 kali secara bergantian.

7. Curtsy lunge untuk mengecilkan paha

Cara mengecilkan paha selanjutnya dengan gerakan curtsy lunge. Caranya, berdiri tegak dengan kedua kaki dalam posisi rapat. Posisikan kaki kanan jauh ke belakang kaki kiri, kemudian tekuk kedua lutut.

Lakukan gerakan itu sembari lompat untuk menekan paha bagian dalam. Ulangi sisi kanan 10 sampai 12 repetisi. Kemudian, bergantian dengan kaki kiri.

8. Dumbbell squat

Pertama-tama, posisikan kaki selebar pinggul. Lalu, pegang dumbbell pada dua tangan. Secara perlahan, turunkan tubuh sampai jongkok, kemudian kembali ke posisi semua. Lakukan ini sebanyak 2 set dengan 10 sampai 12 kali repetisi.

9. Side lying adduction

Cara mengecilkan paha yang terakhir adalah melakukan gerakan side lying adduction. Caranya, berbaring pada lantai miring ke kiri, dengan kaki kiri pada bagian bawah dan tekuk ke depan. Biarkan kaki kanan dalam posisi lurus. Kemudian, angkat kaki kanan lurus ke atas sembari menahan otot perut. Lakukan 15 sampai 20 kali repetisi pada setiap sisi tubuh.

Itulah beberapa cara mengecilkan paha yang mudah dan bisa kamu coba sendiri di rumah. Hasilnya memang tidak langsung terlihat. Meski begitu, langkah ini tak hanya membakar kalori yang menumpuk, tapi juga mengencangkan otot paha bagian dalam.

10. Jaga asupan makanan

Selain melakukan gerakan olahraga, menjaga asupan nutrisi tubuh juga penting. Supaya lemak jahat tak kembali menghuni bagian paha dan betis, sebaiknya pilih makanan yang rendah lemak. Selain itu, tingkatkan asupan protein agar otot tubuh bisa terbentuk sempurna.

11. Minum kopi di pagi hari

Cara mengecilkan paha selanjutnya adalah minum kopi di pagi hari. Kafein bersifat diuretik yang mampu menstimulasi metabolisme tubuh. Selain itu, kandungan ini dalam kopi mampu membakar lemak tubuh dan meningkatkan energi dalam beraktivitas.

No ratings yet.

Please rate this