pola makan sehat

Ini 5 Cara Menjaga Pola Makan Sehat Selama Pandemi

Terisolasi di rumah selama pandemi membuat tak sedikit orang mungkin beralih ke pola makan yang tidak sehat. Mempertahankan kebiasaan makan yang sehat bisa jadi tidak sesulit seperti yang dibayangkan. Dengan melakukan perubahan kecil dalam diet harian, Anda dapat membuat dampak besar pada kesehatan Anda. Berikut 5 cara menjaga pola makan sehat selama pandemi.

Hindari makan makanan manis

Mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi gula dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan gigi berlubang. Ini karena mereka tinggi kalori sehingga berkontribusi pada penambahan berat badan. Banyak makan makanan manis, tentu akan memengaruhi pola diet yang sedang Anda lakukan. Karena latihan fisik menurun di masa pandemi, lebih baik konsumsi produk dengan lebih sedikit gula. 

Atur waktu makan yang baik untuk metabolisme

Dilansir dari Boldsky, para peneliti mengatakan bahwa ketika Anda makan makanan berat dan banyak dalam satu waktu, metabolisme dapat menjadi lambat. Cobalah atur waktu makan menjadi lebih sering namun dengan porsi kecil. Makan lebih kecil setelah setiap tiga atau empat jam dianggap sebagai cara yang baik untuk menjaga metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori dalam sehari.

Makan perlahan 

Makan dengan lambat dapat membantu pencernaan yang lebih baik, menurunkan berat badan lebih mudah, dan membuat Anda lebih kenyang. Saat makan perlahan, Anda mengunyah lebih banyak yang memudahkan pencernaan makanan menuju perut. Selain itu, Anda mendapatkan perasaan puas jika makan dengan perlahan. Hal ini juga membantu Anda makan lebih sedikit sehingga membantu Anda menurunkan berat badan dengan mudah. 

Minum lebih banyak air 

Air adalah minuman yang paling sehat. Air membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan menjaga tubuh tetap terhidrasi dalam waktu lama. Kekurangan air di dalam tubuh bisa menyebabkan kelelahan dan sakit kepala. Oleh karena itu, ini adalah pilihan yang baik untuk minum air agar tak mudah lapar dan tetap sehat.

Makan lebih banyak buah dan sayur 

Menurut WHO, buah dan sayur menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, obesitas dan berbagai jenis kanker. Mereka diperkaya dengan antioksidan, vitamin dan mineral yang memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Cobalah untuk memasukkan setidaknya satu buah dan sayuran hijau ke dalam menu makanan Anda setiap hari.

Pola makan sehati yang Anda jalani juga akan lebih berhasil dan sukses jika diimbangi dengan olahraga teratur. Anda bisa menemukan pola olahraga Anda sendiri untuk meningkatkan metabolisme dengan mengikuti kelas di gym. Anda bisa bergabung di ReFIT untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan fit!

No ratings yet.

Please rate this