Ini 4 Cara Memperkuat Otot Jantung

1. Menerapkan pola makan sehat

Kamu mungkin kerap mendengar pepatah “kamu adalah apa yang kamu makan”. Hal ini sebenarnya benar adanya, terutama dalam konteks kesehatan tubuh. Oleh karena itu, langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan otot jantung.

Misalnya, mengonsumsi makanan rendah kolesterol yang membantu menjaga tekanan darah. Selain itu, ada juga beberapa makanan yang baik untuk kesehatan otot jantung, seperti oatmeal yang kaya serat beta-glukan yang dapat menurunkan kolesterol jahat. Tak ketinggalan, konsumsi buah-buahan, sayuran, serta makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

2. Melakukan olahraga secara rutin

Ternyata, kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan, termasuk masalah pada otot jantung. Sebaliknya, olahraga secara rutin dapat menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan jantung.

Saat bergerak secara aktif, jantung akan memompa lebih banyak darah. Hal ini dapat terlihat dari peningkatan detak jantung saat berolahraga. Detak jantung yang lebih cepat ini menandakan bahwa jantung sedang memasok oksigen dan nutrisi penting ke seluruh otot tubuh yang sedang aktif bergerak.

Oleh karena itu, orang-orang yang aktif secara fisik, misalnya mereka yang tinggal di daerah pegunungan, memiliki risiko lebih rendah terkena masalah kardiovaskular, termasuk penyakit jantung koroner. Selain itu, olahraga rutin juga dapat membantu menjaga kesehatan otot jantung, kebugaran tubuh serta meningkatkan kualitas hidup.

3. Hindari merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol

Sudah menjadi rahasia umum bahwa merokok berdampak buruk pada kesehatan, termasuk pada jantung dan bagiannya, tak terkecuali otot jantung. Merokok dapat menyebabkan nyeri dada, serangan jantung, hingga gagal jantung.

Selain itu, asap rokok yang masuk dalam saluran pernapasan perokok pasif juga dapat menyebabkan aterosklerosis, yaitu pengerasan arteri. Kondisi ini dapat menyebabkan penyempitan arteri dan mengganggu aliran darah, yang berujugn pada masalah pada otot jantung.

4. Jaga kesehatan otot jantung dengan mengelola stres dengan baik

Stres tidak hanya berdampak pada kesehatan mental, tetapi juga meningkatkan risiko penyakit pada jantung secara tidak langsung. Inilah mengapa, mengenali tanda-tanda stres dapat membantu mengatasi masalah ini. Misalnya, cemas berlebihan, gelisah, dan gangguan tidur dapat menjadi tanda bahwa seseorang sedang mengalami stres.

Saat mengalami stres yang berkepanjangan, detak jantung akan menjadi lebih cepat. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko irama jantung yang tidak teratur. Sayangnya, stres tidak terkendali dapat menyebabkan tekanan darah meningkat, yang akhirnya berujung pada masalah kardiovaskuler, termasuk penyakit yang menyerang otot jantung.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat guna menjaga kesehatan jantung. Jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter ahli jantung jika kamu merasakan adanya gejala yang tidak biasa, misalnya nyeri dada atau detak jantung tidak teratur.

No ratings yet.

Please rate this