Latihan otot yang tidak boleh digabung

Hindari Latihan Otot yang Tidak Boleh Digabung Ini

Ingin memulai sesi latihan otot untuk bentuk tubuh yang lebih kekar? Sebelum memulai sesi latihan otot, Anda perlu mengetahui terlebih dulu wawasan dasarnya, mulai dari jenis-jenis otot pada tubuh Anda, dan teknik latihan yang ideal bagi Anda. Latihan otot yang ideal ini tentunya akan berbeda untuk beberapa kasus.

Kasus untuk profesional semisal, yakni atlet atau orang yang sudah cukup lama rutin mengikuti sesi latihan otot. Tentu kombinasi dan sesi latihan ototnya akan berbeda dengan Anda yang masih pemula. Bagi pemula terdapat jenis latihan otot yang tidak boleh digabung demi keselamatan Anda karena bisa berpotensi membuat Anda cedera saat latihan. Ini beberapa di antaranya. 

Melatih otot antagonis

Untuk Anda yang pertama kali mengikuti sesi latihan otot, Anda pasti akan diperkenalkan dengan jenis otot antagonis, yakni jenis otot yang sifatnya berlawanan satu sama lain. Contohnya di sini adalah otot dada dan otot punggung. Beberapa atlet atau body builder yang sudah profesional kerap kali didapati justru memakai kombinasi latihan yang satu ini dengan menggabungkan latihan otot dada dan punggung.

Namun ini termasuk latihan otot yang tidak boleh digabung oleh seorang pemula yang baru akan memulai sesi. Kombinasi latihan ini termasuk cukup berat karena mengaktifkan tarikan otot tubuh bagian atas di satu waktu. Jika belum terbiasa, tidak hanya tubuh jadi cepat lelah, tetapi otot juga jadi cepat tegang dan membuat Anda merasa nyeri yang berlebihan bahkan cedera saat latihan.

Menggabung latihan otot sejenis

Latihan kombinasi antara otot besar dan otot kecil ini contohnya seperti menggabungkan sesi latihan otot dada dan otot triceps, atau sesi latihan otot punggung dan otot biceps. Sebenarnya jenis kombinasi latihan otot yang satu ini memiliki kelebihan. 

Saat melatih otot dada, otot triceps Anda jadi ikut memanas. Jadi, untuk sesi latihan berikutnya Anda tidak perlu membuang-buang waktu untuk pemanasan kembali, Anda bisa langsung masuk pada sesi latihan inti. Jenis latihan ini bisa dipakai untuk pemula seperti Anda yang baru memulai sesi-sesi latihan otot.

Sebaliknya, latihan otot yang tidak boleh digabung adalah saat Anda memakai kombinasi jenis otot yang sama untuk dilatih dalam satu hari, misalnya seperti kombinasi otot dada dan otot punggung tadi, termasuk juga kombinasi latihan otot triceps dan biceps. 

Kombinasi latihan otot berhubungan

Pada tubuh Anda, ada beberapa jenis tubuh yang tidak ada hubungannya satu sama lain. Misalnya kombinasi latihan otot antara otot kaki dan otot lengan, atau otot kaki dan otot bahu. Ada kelebihan yang bisa didapatkan memang dari jenis kombinasi latihan otot yang satu ini, yakni tubuh tidak mudah kelelahan saat berlatih, sekaligus dapat menghemat waktu untuk dua latihan otot di hari yang sama.

Jenis kombinasi ini cocok tidak hanya bagi profesional, tetapi juga para pemula dalam latihan otot. Jadi, Anda bisa tiru kombinasi latihan otot yang satu ini. Dengan kata lain, Anda perlu menghindari kombinasi latihan otot yang berhubungan karena jenis otot berhubungan termasuk latihan otot yang tidak boleh digabung.

Baca Juga : Tips Memperbaiki Ketidakseimbangan Otot

Contohnya melatih otot dada dan otot perut Anda secara bersamaan di hari yang sama. Termasuk juga contoh yang sudah disebutkan di atas, yakni saat Anda melatih otot dada dan otot punggung bersamaan. Karena otot-otot ini berhubungan, saat salah satu sesi latihan untuk otot tertentu sedang dilakukan, otot yang lain akan panas dan membuat beban latihan jadi lebih besar.

Tubuh pemula bisa jadi kewalahan dan tidak dapat mengikuti ritme latihan dengan benar. Bukan tidak mungkin juga otot jadi terlalu dipaksa karena kombinasi latihan dilakukan di hari yang sama. Latihan otot yang tidak boleh digabung ini sebaiknya Anda hindari.

Itu dia tiga poin penting bagi Anda untuk menghindari latihan otot yang tidak boleh digabung. Tujuannya supaya sesi-sesi awal latihan otot Anda dapat dilakukan sesuai porsi dan bertahap, alias tidak terburu-buru. Latihan yang tidak diatur dan terburu-buru justru dapat menghambat pembangunan otot tubuh Anda. Supaya lebih aman, sangat disarankan juga bagi para pemula untuk melatih otot dengan bantuan personal trainer di gym, seperti yang tersedia di ReFIT

No ratings yet.

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.

Leave a Comment.