fitness untuk bulking

Tubuh Jadi Lebih Kekar dengan Program Fitness Ini

Beberapa dari Anda pasti ada yang menginginkan postur tubuh ideal dan kekar. Namun, seringkali mengalami kesulitan untuk mewujudkan tubuh impian tersebut. Banyak penyebabnya, mulai dari beberapa rutinitas yang tidak dapat dilakukan dengan konsisten hingga melakukan olahraga dengan gila-gilaan bahkan cenderung memforsir tubuh untuk melakukannya. Ada juga yang mengalami stres hingga berpengaruh pada tubuh secara fisik.

Namun, dari semua penyebab tersebut, yang paling banyak ditemukan adalah orang-orang yang belum paham atau tidak tahu program latihan fitness untuk bulking yang paling tepat baginya. Sehingga, prosesnya tidak efektif, justru membuat tubuh kelelahan dan Anda stres sendiri. Hasilnya? Jelas tidak optimal dan tubuh tidak terbentuk sesuai dengan cita-cita saat Anda memulai latihan pada awalnya.

Agar dapat membantu Anda memaksimalkan aktivitas olahraga demi tubuh kekar dan sehat, berikut ini adalah beberapa tips program latihan fitness untuk bulking yang dapat Anda perhatikan dan coba untuk dipraktikkan sendiri. Pastikan Anda melakukan program latihan dengan konsisten dan berfokus pada hasil yang lebih optimal.

Menu Makanan

Makanan yang Anda makan sudah pasti jadi faktor penentu seberapa program latihan fitness untuk bulking ini jadi efektif. Menu utama yang dapat membantu program ini sudah pasti makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Berikut beberapa contoh menu yang dapat Anda siapkan.

Pertama, salad sayuran rebus seperti bayam, sawi, dan brokoli yang sudah dicampur dengan 8 butir putih telur yang sudah direbus dan dipotong, juga 2 butir telur baik putih dan kuningnya yang sudah direbus dan dipotong-potong. Sertakan 80 gram oatmeal sebagai asupan karbohidrat bagi tubuh. Menu yang kedua untuk dikonsumsi adalah protein rendah lemak dari ikan, dada ayam tanpa kulit, atau steak tanpa lemak yang diolah dengan cara dikukus atau direbus. Sementara untuk karbohidratnya, cukup konsumsi nasi merah, roti gandum, atau ubi jalar.

Menu ketiga yang dapat Anda konsumsi adalah perpaduan daging rendah lemak, karbohidrat dari nasi merah atau ubi jalar, serta 1 mangkok penuh sayuran hijau yang direbus. Menu makanan keempat adalah perpaduan daging rendah lemak, sayuran hijau yang direbus, serta lemak sehat yang bisa Anda dapatkan dari buah alpukat atau minyak zaitun.

Kalau Anda sedang sibuk beraktivitas dan tidak punya waktu untuk mengonsumsi atau menyiapkan menu makanan berat di atas, Anda dapat memilih untuk menyiapkan whole oat protein bar agar dapat dikonsumsi sembari bekerja. Sebelum tidur, menu yang dapat Anda konsumsi adalah asupan lemak sehat dari buah alpukat dan sejenisnya.

Suplemen

Untuk menunjang program latihan yang akan Anda lakukan, Anda perlu sertakan suplemen pada daftar konsumsi sehari-hari. Suplemen yang akan dikonsumsi ini adalah jenis penambah berat badan dengan kandungan protein, karbohidrat, serta kalori yang cukup tinggi. Berikut beberapa di antaranya yang perlu Anda konsumsi.

Jenis suplemen yang pertama adalah whey protein, yakni salah satu suplemen dengan sumber protein yang dapat membantu program latihan fitness untuk bulking. Suplemen ini dapat menjaga tubuh lebih stabil dalam keadaan anaboliknya, yakni pembentukkan otot tubuh. Selanjutnya, suplemen yang kedua adalah creatine yang adalah perpaduan dari beberapa macam asam amino yang punya manfaat masing-masing. Suplemen creatine ini berfungsi untuk memberi energi bagi tubuh untuk membantu Anda aktif berlatih dan berolahraga.

Terakhir, suplemen yang juga wajib Anda konsumsi adalah branched-chain amino acids (BCAA) untuk membantu tubuh mempercepat proses pemulihan pada otot. Tidak lupa juga suplemen beta alanine yang bermanfaat untuk membantu tubuh agar tidak cepat merasa lelah dan secara tidak langsung mendukung performa saat Anda sedang berlatih.

Rutinitas Olahraga

Setelah menjaga kualitas asupan nutrisi yang dibutuhkan selama program latihan yang akan Anda lakukan, termasuk juga memastikan jenis-jenis suplemen yang sebaiknya Anda konsumsi, berikutnya adalah memastikan rutinitas olahraga agar berlangsung dengan konsisten dari hari ke hari untuk hasil bulking yang lebih maksimal.

Anda dapat melakukan olahraga dengan menerapkan jatah set khusus untuk setiap set latihan. Untuk latihan otot besar seperti bagian otot kaki, punggung, dada, dan bahu bisa dilakukan dari 9 hingga 12 set inti. Sementara latihan untuk otot kecil seperti perut, lengan, dan betis bisa Anda lakukan dari 6 hingga 8 set inti.

Sertakan juga latihan kardio pada program latihan fitness untuk bulking ini paling banyak dua kali dalam satu minggu. Tujuannya agar dapat tetap menjaga tubuh jadi bugar serta memastikan kadar lemak pada tubuh tetap stabil.

Itu dia tips yang dapat Anda lakukan. Selain ketiga poin utama yang sudah disampaikan di atas, pastikan juga selama program berlangsung Anda mendapatkan istirahat dan tidur yang cukup serta berkualitas. Jaga selalu hidrasi tubuh dengan konsumsi air putih yang cukup.

No ratings yet.

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.