fakta social distancing saat covid-19

Kenali Penerapan Social Distancing dalam Upaya Pencegahan Covid-19

Semakin meningkatnya jumlah pasien dan penyebaran Covid-19, pemerintah Indonesia pada akhirnya mengimbau masyarakat untuk melakukan social distancing dan artikel ini menjelaskan fakta social distancing. Tapi sebenarnya, apa itu social distancing dan bagaimana penerapannya?

Social distancing bisa diartikan sebagai tindakan menjaga jarak sosial dan ruang fisik antara orang-orang untuk menghindari atau mengurangi peluang penularan penyakit, yang dalam kasus ini ialah Covid-19. Spesialis penyakit menular Steven Gordon, MD menjelaskan, menghindari pertemuan besar yang melibatkan banyak orang merupakan bentuk social distancing.

“Jarak sosial melibatkan menghindari pertemuan besar. Jika Anda harus berada di sekitar orang, jaga jarak Anda dengan orang lain sejauh 6 kaki (2 meter),” jelasnya, dikutip dari Cleveland Clinic.

Kita disarankan untuk membatalkan kegiatan yang melibatkan banyak orang. Pembatalan ini membantu menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit sehingga memungkinkan sistem perawatan kesehatan untuk lebih siap merawat pasien dari waktu ke waktu.

Contoh lain dari menjaga jarak sosial yang memungkinkan Anda untuk menghindari kerumunan atau ruang ramai adalah:

Bekerja dari rumah alih-alih di kantor

Dilansir dari Forbes, Anda tetap bisa produktif bekerja di rumah. Anda perlu menyiapkan hal-hal atau mengurutkan pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan di rumah. Berpikirlah jika bekerja di rumah sama hal sama seperti di kantor, dan jangan lupa untuk selalu menjaga komunikasi dengan rekan kerja agar pekerjaan dapat selesai dengan lancar.

Menutup sekolah atau beralih ke kelas online

Di Indonesia sendiri, kegiatan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah sebagai bentuk mengurangi tingkat penyebaran virus sudah diserukan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Minggu (15/3/2020). “Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah,” ujarnya, dikutip dari Kompas.

Komunikasi menggunakan perangkat elektronik

Alih-alih bertemu secara langsung, Anda dapat berkomunikasi dengan perangkat elektronik seperti email, telepon, atau video telepon. Hal ini tentu membantu untuk mengurangi interaksi secara langsung dengan orang-orang. 

Membatalkan atau menunda konferensi 

Mengurangi interaksi di luar rumah juga dapat diterapkan dengan menunda untuk datang atau mengadakan konferensi yang melibatkan banyak orang. Sebagai solusinya, Anda bisa memanfaatkan komunikasi dengan perangkat elektronik seperti yang dijabarkan pada poin sebelumya.

5/5 (3)

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.

Leave a Comment.