diet alami

Sudah Saatnya Kamu Mencoba Diet Alami! Tidak Menyiksa, Kok!

Tubuh yang ideal tentu menjadi keinginan setiap orang diet alami. Terlepas dari anggapan bahwa tubuh yang ideal adalah body goals, menjaga bobot tubuh di angka yang aman adalah investasi kesehatan untuk diri sendiri. Jika Anda memiliki tubuh yang ideal, tentu saja Anda akan merasa lebih sehat. Apabila saat ini Anda merasa bobot tubuh belum di angka yang ideal, bisa coba cara diet alami berikut ini. Diet alami ini dilakukan dengan cara mengatur pola makan dan olahraga yang teratur.

Kurangi konsumsi garam dan makanan manis

Makanan yang kaya akan garam dan makanan manis adalah penyebab tubuh yang kegemukan. Lihat saja bagaimana anak kecil yang terlalu banyak makanan manis biasanya memiliki bobot tubuh berlebih. Hal yang sama juga akan terjadi pada Anda jika terlalu banyak mengonsumsi gula serta makanan manis lain.

Di samping itu, Anda juga harus mengurangi konsumsi garam harian dalam menu makanan sehari-hari. Jaga asupan garam Anda agar diet alami Anda berhasil. Terlalu banyak konsumsi garam akan membuat tubuh mengalami kesulitan memproses metabolisme lemak. Jika metabolisme ini terganggu, tentu saja lemak akan menumpuk di tubuh tanpa dipecah.

Perbanyak sayur dan buah untuk asupan serat

Sayur dan buah adalah makanan diet alami yang ampuh membantu menurunkan berat badan. Coba lihat bahan makanan apa yang sering Anda konsumsi setiap harinya. Apakah itu makanan cepat saji seperti ayam, kentang, dan nasi goreng yang banyak mengandung minyak? Atau makanan instan seperti mie yang punya banyak bahan kimia pengawet?

Selain mengandung lemak, makanan-makanan tersebut juga dapat meningkatkan risiko kolesterol. Jika kolesterol Anda sudah tinggi, maka kesehatan Anda akan terganggu. Akan jauh lebih baik jika mulai saat ini Anda memperbanyak konsumsi sayur dan buah segar dengan proses pemasakan direbus dan dikukus. Dengan begitu, tidak banyak minyak yang masuk ke tubuh jika dibandingkan dengan memasak sayur secara digoreng atau ditumis.

Jaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik

Sudahkah Anda tahu bahwa dehidrasi menjadi penyebab kegemukan? Jika belum, kini saatnya Anda tahu. Tubuh manusia yang lebih banyak mengandung air ini membutuhkan asupan air minum yang cukup untuk membantu proses pencernaan dan metabolisme dalam tubuh. Jika tubuh Anda tidak mendapat asupan air yang cukup, maka metabolisme terganggu. Ujungnya, ada banyak penumpukan lemak dalam tubuh.

Selain itu, minum banyak air mineral juga akan membantu menekan rasa lapar. Saat rasa lapar melanda, coba minum air mineral, karena tidak semua rasa lapar menunjukkan bahwa Anda membutuhkan asupan makanan. Beberapa rasa lapar sering kali berhubungan dengan rasa haus yang sangat hebat. Jadi, ketika waktu makan belum tiba dan Anda merasa lapar, perbanyak minum air mineral.

Jangan skip waktu makan

Meskipun Anda sedang dalam proses menurunkan berat badan, namun melewatkan waktu makan dan membiarkan tubuh kelaparan bukanlah ide yang baik. Pasalnya, jika Anda membiarkan tubuh kelaparan, tubuh akan semakin kelaparan dan Anda “balas dendam” dengan makan dalam porsi banyak. Tentu saja ini tidak baik untuk menurunkan berat badan.

Sebaiknya, taati waktu makan Anda. Saat sarapan, Anda harus makan. Saat makan siang, Anda juga harus makan siang. Begitu juga dengan makan malam, Anda harus makan agar tidak merasa super kelaparan. Namun, perhatikan jumlah kalori dan nutrisi dalam satu piring makan agar tidak berlebih.

 

Diet alami yang Anda jalani juga akan lebih berhasil dan sukses jika diimbangi dengan olahraga teratur. Anda bisa menemukan pola olahraga Anda sendiri untuk menurunkan berat badan, atau mengikuti kelas di gym. Anda bisa bergabung di ReFIT dan mendapatkan berat ideal yang diinginkan!

5/5 (1)

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.