Cegah Penyakit Hati atau Liver Melalui Gaya Hidup Sehat

Hati atau liver memainkan peran yang penting dalam sistem pencernaan di tubuh. Segala sesuatu yang kamu minum ataupun makan akan melewati organ tubuh ini. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga hati untuk tetap sehat dan dapat melakukan fungsinya seperti semestinya. Cara paling mudah yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan gaya hidup sehat.

Hati berguna untuk membantu tubuh membersihkan darah dengan membuang bahan kimia berbahaya yang dihasilkan oleh tubuh. Selain itu, organ ini juga membantu memproduksi cairan yang disebut empedu dengan fungsi untuk memecah lemak dari makanan. Fungsi hati lainnya adalah menyimpan gula yang berguna untuk memberikan dorongan energi saat tubuh membutuhkannya.

Maka dari itu, sangat penting untuk mencegah penyakit hati untuk terjadi. Berikut ini beberapa gaya hidup sehat yang dapat kamu lakukan untuk menjaga hati tetap sehat:

1. Hentikan Konsumsi Alkohol

Cara pertama untuk cegah penyakit hati adalah dengan menghentikan konsumsi alkohol. Minuman dengan kandungan ini dapat merusak sel-sel hati dan menyebabkan pembengkakan atau jaringan parut sehingga menimbulkan sirosis yang dapat mematikan.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Kamu juga perlu untuk rutin mengonsumsi makanan yang sehat. Pastikan untuk mempertahankan berat badan yang ideal guna mencegah kemungkinan terjadinya penyakit hati berlemak non-alkohol yang juga dapat menimbulkan sirosis. Dengan memberikan tubuh nutrisi yang tepat, dan menghindari makanan cepat saji adalah pilihan yang perlu kamu jalani.

3. Berolahraga secara Teratur

Sama seperti semua organ tubuh lainnya, hati juga dapat terjaga kesehatannya jika kamu berolahraga secara teratur. Aktivitas fisik dapat mengurangi risiko akumulasi lemak di sekitar hati. Jika hati berlemak, organ tersebut dapat mengalami peradangan, jaringan parut, sirosis, atau bahkan kanker hati. Maka dari itu, pastikan untuk berolahraga secara rutin.

4. Hindari Efek Samping Obat

Beberapa obat-obatan, termasuk obat kolesterol, terkadang memiliki efek samping yang dapat menyebabkan penyakit pada hati. Selain itu, obat penghilang rasa sakit acetaminophen juga dapat melukai hati jika kamu mengonsumsinya terlalu banyak dan terlalu sering. Pastikan ke dokter terkait efek samping dari obat-obatan yang kamu konsumsi secara rutin.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment.