Cara Menghilangkan Visceral Fat

Visceral fat adalah lemak tubuh yang terdapat pada bagian perut. Penumpukan lemak ini bisa memicu berbagai masalah kesehatan pada seseorang.

Lemak viseral atau visceral fat sendiri sebenernya punya fungsi untuk melindungi berbagai organ penting yang ada di perut. Sebenarnya, sebagian besar lemak tubuh terdapat pada kulit bagian bawah, sehingga memiliki nama lain lemak subkutan.

Kamu sebenarnya bisa melihat dan merasakan lemak subkutan, terutama saat mencubit kulit. Namun, berbeda dengan lemak viseral yang berada di balik kulit, sehingga bisa membuat perut kamu terlihat menonjol. Visceral fat yang jumlahnya berlebihan tentu saja bisa mengakibatkan banyak masalah kesehatan pada tubuh.

Sebenarnya, menghilangkan visceral fat tidak ubahnya seperti kamu mengatasi kelebihan berat badan. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan:

1. Terapkan pola makan sehat

Tidak ada jenis diet yang dapat mengurangi penumpukan lemak di perut dengan cepat. Namun, semua bentuk diet yang bertujuan untuk menurunkan berat badan umumnya turut membantu mengurangi kelebihan lemak perut. Adapun pola makan sehat yang bisa kamu terapkan setiap hari adalah:

  • Mengonsumsi lebih banyak makanan tinggi serat, buah, sayur, dan biji-bijian.
  • Mengurangi asupan minuman tinggi gula dan perbanyak minum air putih.
  • Perhatikan porsi makan setiap hari.
  • Pilih makanan rendah lemak.

Lebih baik lagi kalau kamu tahu jumlah kalori yang diperlukan oleh tubuh sebelum menjalani diet tertentu.

2. Rutin berolahraga

Pola makan sehat tidak akan memberikan hasil yang maksimal tanpa diimbangi dengan pola hidup sehat. Tak terkecuali olahraga rutin. Sebab, olahraga secara teratur bisa membantu menghilangkan visceral fat yang menumpuk pada perut.

Kamu disarankan untuk aktif bergerak dan melakukan olahraga ringan setidak selama 30 menit selama 5 hari dalam satu minggu. Jenis olahraganya seperti jogging, bersepeda, berenang, jalan santai, atau olahraga aerobik lain.

3. Cukup istirahat

Cukup istirahat ternyata juga membantu menurunkan penumpukan lemak pada perut, lho! Sebab, kurang tidur bisa membuat kamu cenderung makan berlebih dan memilih jenis makanan tidak sehat.

Tak hanya itu, kebiasaan tidur juga berpengaruh terhadap produksi hormon leptin dan ghrelin dari tubuh. Kedua jenis hormon ini berperan sebagai penyampai pesan pada otak kapan waktunya tubuh mendapatkan kalori. Inilah mengapa, orang-orang yang kurang tidur cenderung lebih suka makanan tinggi kalori.

Oleh karena itulah, masalah tidur lebih kerap dialami oleh orang dengan risiko obesitas dan mempunyai lingkar pinggang lebih besar. Perlu diketahui bahwa kamu tidak bisa menghilangkan visceral fat dengan cara sedot lemak. Alhasil, kamu tetap harus disiplin menjalani pola hidup dan pola makan yang sehat.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment.