cara menggemukan badan secara alami

4 Cara Menggemukkan Badan Secara Alami

Kultur Indonesia masih sangat dekat dengan postur dan berat badan ideal cara menggemukan badan secara alami. Tubuh yang kurus kerap dikatakan tidak ideal karena terlalu kecil. Sebaliknya, tubuh yang berisi,dikatakan tidak sehat karena terlalu gemuk. Tak heran, banyak yang berlomba-lomba untuk memiliki ‘tubuh ideal’ dan memiliki berat badan dan massa otot yang ideal juga.

Namun, terlepas dari stigma bagaimana berat tubuh atau bentuk badan yang ideal, ada baiknya Anda menggemukkan dan menguruskan badan karena keinginan sendiri, karena alasan medis, atau ingin punya badan yang sehat. Dengan begitu, Anda tidak terjerumus dalam ide ‘tubuh ideal’ yang dipercaya oleh masyarakat. Untuk Anda yang saat ini memiliki tubuh kurus, begini cara menggemukkan badan secara alami.

Berikut 4 Cara Menggemukan Badan Secara Alami yang bisa kalian coba

1. Makan dalam porsi kecil namun rutin

Cara menggemukan badan secara alami yang satu ini tentu sudah sering Anda dengar, makan, makan, dan makan. Tapi cara yang baik adalah dengan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering, mejadi trik yang digunakan mereka dengan keinginan menaikkan berat badan. Ketika Anda cepat kenyang saat makan dalam jumlah besar, maka makan dalam porsi kecil akan membantu meningkatkan nafsu makan yang dihidangkan masuk ke tubuh dan dicerna untuk bisa meningkatkan indeks massa tubuh. Cobalah untuk makan tiga hingga enam kali sehari daripada hanya dua hingga tiga kali. Tapi jangan lupa minum air juga ya.

2. Menambah asupan kalori dan protein

Jika sebagian orang yang ingin menurunkan berat badan harus mengonsumsi jenis makanan yang berlabel “diet”, “rendah kalori”, dan “bebas lemak”, maka Anda yang mencari tahu cara menggemukkan badan secara alami harus mengonsumsi makanan yang sebaliknya. Tingkatkan asupan kalori dan protein Anda dalam makanan yang dikonsumsi setiap hari. Kalori dan protein penting untuk menambah berat badan Anda.

Contoh asupan kalori yang bisa Anda konsumsi dalam menu sehari-hari adalah kacang-kacangan, jagung, oatmeal, alpukat, keju, biji-bijian, kentang, minyak zaitun, dan sup krim. Kalori dalam bahan makanan ini adalah kalori baik yang membantu menggemukkan badan secara sehat. Sebaliknya, hindari kalori yang berasal dari lemak hewani karena mengandung kalori lemak jenuh yang meningkatkan kolesterol. Masukkan juga dalam menu harian Anda, seperti salmon, ikan, telur, dan sarden.

3. Sisipkan camilan di sela waktu makan

Anda yang sedang ingin menggemukkan badan haruslah rajin mengunyah setiap hari, ini juga bisa menstimulasi nafsu makan juga lho. Pasalnya, ide utama untuk menggemukkan badan adalah dengan menambah asupan kalori, protein, dan nutrisi yang berkontribusi pada bobot tubuh seseorang. Anda bisa memilih camilan sehat seperti sayur dan buah.

Lupakan donat dan keripik kentang sebagai camilan. Meskipun dua makanan ini mengandung lemak untuk meningkatkan berat badan, banyak lemak berbahaya yang justru meningkatkan masalah untuk kesehatan. Sebaiknya, Anda pilih camilan seperti yoghurt, granola, kacang-kacangan dan buah-buahan kering. Konsumsi camilan ini di sela-sela waktu makan pagi dan siang, serta siang dan malam. Anda juga bisa minum susu sebelum tidur untuk menambah asupan protein dalam tubuh, cukup efektif sebagai cara menggemukkan badan

4. Tingkatkan kualitas dan kuantitas tidur

Kualitas dan kuantitas tidur seseorang memengaruhi berat tubuhnya. Ini adalah fakta yang tidak terbantahkan. Saat Anda tidak cukup tidur, maka tubuh akan terus terbangun dan membakar kalori dalam tubuh untuk mendukung aktivitas yang Anda lakukan. Dengan begitu, ketika Anda banyak begadang dan sedikit tidur, kalori dalam tubuh akan cepat terbakar. Maka dari itu, jika Anda menginginkan cara menggemukkan badan secara alami, perbaiki kualitas dan kuantitas tidur Anda. Hindari begadang hingga larut jika Anda harus memulai aktivitas di pagi buta esok harinya.

 

Cara menggemukkan badan secara alami yang terakhir adalah rutin berolahraga. Beberapa olahraga yang dilakukan di gym dapat membantu Anda mendapatkan berat badan yang ideal. Personal trainer yang ada di gym akan memberikan latihan yang Anda butuhkan demi menambah bobot dan massa otot tubuh. Ia juga akan membantu Anda mengatur pola makan yang tepat untuk orang yang ingin menambah berat badan yang sehat. Belum tahu mau pergi ke gym mana? Gabung saja bersama ReFIT!

5/5 (1)

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.