Cara Mengatasi Keram Saat Olahraga

Kram otot dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, tetapi kondisi ini lebih rentan terjadi pada bagian kaki. Selain adanya rasa sakit yang seakan menusuk, kram otot bisa membuat kamu merasakan nyeri pada gumpalan otot di bawah kulit. Namun untungnya, kram otot bisa membaik dengan sendirinya.

Nah, berikut ini cara mengatasi kram saat olahraga:

1. Berhenti Beraktivitas

Saat kamu mengalami kram saat berolahraga, sebaiknya segera hentikan kegiatan atau gerakan yang tengah kamu lakukan. Segera beristirahat di lokasi yang nyaman dan terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung.

2. Lakukan Peregangan secara Perlahan

Lakukan gerakan-gerakan peregangan secara perlahan untuk mengatasi kram otot. Selain itu, kamu juga perlu meregangkan bagian otot yang kram dengan menggosok otot secara perlahan untuk membantunya kembali rileks.

Jika kram otot terjadi pada bagian betis kaki, kamu bisa berdiri dan menekuk kaki yang mengalami kram secara perlahan. Lakukan hingga kram yang kamu rasakan membaik. Selain itu, kamu juga bisa duduk dan luruskan kaki yang mengalami kram. Kemudian, tarik telapak kaki ke arah dalam secara perlahan hingga kram yang dirasakan membaik.

3. Berikan Pijatan Lembut

Setelah melakukan peregangan, kamu bisa memijat bagian otot yang kram secara perlahan. Lakukan pijatan dengan lembut. Pijatan dilakukan untuk membuat otot menjadi lebih rileks.

4. Kompres Hangat dan Dingin

Setelah dipijat, kamu bisa mengompres bagian otot yang mengalami kram dengan kompres hangat atau dingin. Mengompres hangat membuat otot yang kontraksi menjadi lebih rileks dan otot menjadi lebih kendur.

Setelah otot mengendur dan membaik, kamu bisa kembali mengompres bagian yang kram dengan kompres dingin. Hal ini dilakukan agar gejala yang terjadi akibat kram otot membaik.

5. Perbanyak Mengonsumsi Air Putih

Segera konsumsi air putih saat kamu mengalami kram. Dehidrasi menjadi salah satu penyebab otot mengalami kontraksi sehingga kamu dengan mudah mengalami kram. Mengonsumsi air putih saat kram membuat otot menjadi lebih rileks sehingga gejala nyeri yang dirasakan saat kram bisa menghilang atau lebih baik.

Namun, kamu perlu mengunjungi rumah sakit ketika kram otot terjadi dalam waktu yang cukup lama, terjadi secara berulang, menyebabkan pembengkakan, hingga terjadi akibat alasan yang tidak diketahui.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment.