Cara membentuk otot sayap

Cara Membentuk Otot Sayap dengan Cepat

Bagi Anda yang menginginkan tubuh atletis dan kekar, cobalah untuk membentuk otot sayap. Otot sayap mungkin tidak terlalu “tampak” jika dibandingkan dengan otot abdominal. Meski begitu, membentuk otot sayap sangat bagus untuk membuat keseluruhan penampilan Anda menjadi lebih proporsional.

Nah, bagaimana cara membentuk otot sayap? Latihannya cukup sederhana, Anda bahkan bisa melakukannya di rumah dan menyelipkannya di sela-sela kesibukan. Simak cara membentuk otot sayap dengan cepat berikut.

Melakukan latihan push-up

Latihan push-up adalah rutinitas olahraga yang banyak sekali manfaatnya. Dengan rutin melakukan push-up, ada banyak sekali otot tubuh yang dilatih dalam satu waktu, salah satunya adalah otot sayap. Selain otot sayap, latihan dasar calisthenic ini juga bisa melatih otot dada, bahu, lengan, sekaligus punggung.

Lakukan latihan push-up dengan gerakan yang tepat untuk mendapatkan hasil maksimal. Gerakan yang tepat dalam jumlah sedikit akan lebih efektif dibandingkan dengan gerakan yang banyak namun dilakukan dalam posisi salah. Bagi pemula, latihan ini mungkin akan terasa berat. Namun percayalah, seiring berjalannya waktu, semua akan terasa lebih ringan.

Melakukan latihan back-up

Latihan ini merupakan kebalikan dari latihan sit-up. Jika sit-up berarti mendudukkan tubuh dengan menjadikan tubuh bagian atas sebagai beban, maka back-up berarti mengangkat punggung dengan menjadikan tubuh sebagai beban.

Back-up pun tidak terlalu rumit. Untuk melakukannya, posisi pertama yang diambil adalah berbaring dengan kedua tangan diletakkan di belakang kepala. Setelah itu, kontraksikan otot punggung dan angkat tubuh bagian atas. Ingat, yang diangkat adalah tubuh bagian atas, bukan leher dan kepala. Jika Anda hanya mengangkat leher dan kepala, maka otot punggung pun tidak akan terlatih.

Pull-up dan chin-up

Kedua latihan ini bisa dilakukan jika Anda memiliki batang tiang horizontal yang cukup tinggi, misalnya rangka jendela di rumah. Apabila ada kesempatan untuk pergi ke gym ada alat khusus yang bisa Anda gunakan untuk melakukan latihan pull-up dan chin-up ini.

Pull-up berarti mengangkat keseluruhan tubuh ke atas. Posisikan kedua tangan ke arah luar. Setelah itu, angkat tubuh perlahan-lahan hingga kepala melampaui tiang. Untuk chin-up sebenarnya tidak terlalu berbeda. Jika tangan pull-up ke arah luar maka chin-up sebaliknya, yakni ke arah dalam. Setelah itu, barulah tubuh diangkat hingga melampaui tiang.

Lakukan kedua latihan ini secara rutin. Pada saat melakukannya untuk kali pertama, Anda mungkin akan merasa kewalahan. Namun dengan latihan yang rutin, tubuh pun akan perlahan terbiasa.

Latihan lawn mowers

Cara membentuk otot sayap yang terakhir adalah dengan rutin melakukan latihan lawn mowers. Apa itu latihan lawn mowers? Latihan ini sangat sederhana dan bahkan tidak memerlukan alat. Anda cukup berdiri tegak dengan kedua kaki membuka selebar bahu. Setelah itu, letakkan satu tangan di pinggang dan tangan lainnya di ujung kaki. Terakhir, angkat telapak tangan yang berada di ujung kaki hingga dada.

Latihan ini akan membuat otot punggung berkontraksi. Jika dilakukan secara rutin, otot pun akan terlatih dan perlahan-lahan tampak. Anda juga bisa meningkatkan level kesulitan dengan menggunakan tambahan beban berupa barbell atau pull rubber bands

Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Selain melakukan latihan secara rutin, Anda juga perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Ingat, ada makanan yang bisa membuat otot Anda akan sulit terbentuk meski sudah dilatih secara rutin. Makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang mengandung gula, makanan yang digoreng, serta alkohol.

Sedangkan makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah makanan berprotein tinggi. Daging merah tanpa lemak sangat bagus untuk pembentukan otot. Anda juga bisa mengkonsumsi dada ayam tanpa kulit dan lemak. Telur pun baik untuk membentuk otot karena kaya akan protein. Jika memang diperlukan, Anda bisa menambahkan suplemen penambah protein. Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan dan kacang-kacangan yang memang kaya akan protein.

Itulah beberapa cara membentuk otot sayap yang efisien. Selain cara-cara di atas, Anda juga sebaiknya memperhatikan jadwal istirahat. Istirahat yang cukup akan sangat membantu pembentukan otot sayap yang Anda impikan. Anda juga sebaiknya menjauhkan diri dari pikiran dan vibe negatif. Pikiran negatif rentan dapat meningkatkan risiko stres yang buruk untuk pembentukan otot Anda.

No ratings yet.

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.

Leave a Comment.