Cara Cegah Gula Darah Naik Setelah Lebaran

1. Berolahraga Teratur

Olahraga teratur dapat membantu kamu menurunkan berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin. Sensitivitas insulin yang meningkat berarti sel-sel kamu lebih mampu menggunakan gula yang tersedia dalam aliran darah.

Olahraga juga membantu otot menggunakan gula darah untuk energi dan kontraksi otot. Jika kamu memiliki masalah dengan kontrol gula darah, maka harus memeriksa kadar gula darah secara rutin.

Ini akan membantu tubuh belajar bagaimana merespons berbagai aktivitas dan menjaga agar kadar gula darah kamu tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Bentuk latihan yang baik termasuk angkat berat, jalan cepat, lari, bersepeda, menari, hiking, berenang, dan banyak lagi.

2. Kontrol Asupan Karbohidrat

Tubuh memecah karbohidrat menjadi gula (sebagian besar glukosa), kemudian insulin memindahkan gula ke dalam sel. Ketika kamu makan terlalu banyak karbohidrat atau memiliki masalah dengan fungsi insulin, maka proses ini gagal dan kadar gula darah bisa naik.

The American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan pengendalian asupan karbohidrat dengan menghitung karbohidrat atau menggunakan sistem pertukaran makanan.

Ini juga dapat membantu kamu merencanakan makanan dengan tepat, yang selanjutnya dapat meningkatkan kontrol gula darah.

3. Meningkatkan Asupan Serat

Serat dapat memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula. Karena alasan ini, serat dapat membantu membuat kadar gula darah naik secara bertahap, tidak sekaligus.

Selain itu, menurut studi pada 2019 di Nutrition Journal, diet tinggi serat dapat membantu mengelola diabetes tipe 1. Dengan meningkatkan kontrol gula darah dan mengurangi kadar gula darah.

Makanan yang tinggi serat yang bisa dikonsumsi adalah sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Asupan serat harian yang direkomendasikan adalah sekitar 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Itu sekitar 14 gram untuk setiap 1.000 kalori.

4. Minum Air yang Cukup

Minum cukup air dapat membantu kamu mengatasi gula darah naik dan menjaganya dalam batas yang sehat. Selain mencegah dehidrasi, ada baiknya ginjal membuang kelebihan gula darah melalui urine. Satu studi pengamatan menunjukkan bahwa mereka yang minum lebih banyak air memiliki risiko lebih rendah terkena kadar gula darah tinggi.

Air minum secara teratur menghidrasi ulang darah, menurunkan kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes. Ingatlah bahwa air dan minuman non-kalori lainnya adalah yang terbaik.

Minuman yang dimaniskan dengan gula tambahan dapat meningkatkan glukosa darah, mendorong kenaikan berat badan, dan meningkatkan risiko diabetes.

5. Kontrol Porsi

Pengidap diabetes sebenarnya masih bisa makan apa saja. Asalkan bisa mengontrol porsi agar jangan lebih dari yang disarankan. Begitu pula saat Lebaran, kamu masih bisa kok menyantap ketupat, opor, dan aneka lauk lain. Namun, sangat penting untuk makan dalam jumlah sedikit atau terkontrol. Melakukan kontrol porsi dapat membantu mencegah gula darah naik atau melonjak tinggi.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment.