freelancer

Berpikir untuk Jadi Seorang Freelancer? 6 Alasan Ini Bisa Menguatkan Anda

Pikiran untuk berhenti dari pekerjaan dan menjadi pekerja lepas (freelancer) atau memulai bisnis Anda sendiri bisa jadi sangat menakutkan. Tetapi dengan kerja keras, dedikasi dan tekad, itu sama sekali tidak mustahil untuk dilakukan siapa pun. Ketika keraguan mulai mengintai di benak Anda, ingatkan diri pada 6 hal berikut yang bisa menguatkan tekad Anda. 

Menjadi bos bagi diri Anda sendiri

Menjadi bos bagi diri Anda sendiri adalah bagian terbaik dari semuanya. Anda adalah bosnya. Tidak ada orang yang perlu Anda buktikan, tidak ada lagi penilaian, tidak ada lagi jadwal liburan yang dijadwalkan, atau memedulikan setiap jam istirahat makan siang untuk memastikan Anda tidak melebihi waktu yang diberikan.

Anda memegang kendali penuh atas karir Anda sendiri. Tapi ingat, bersama dengan kebebasan dan kontrol yang diberikan kepada Anda ada tanggung jawab yang sangat besar, jadi pastikan Anda siap untuk itu.

Bisa bekerja dari mana saja

Anda tidak perlu lagi berkeliaran di kantor sampai sampai waktu kerja atau shift Anda habis. Anda juga tak lagi harus pergi ke tempat kerja setiap hari dan berada di tempat tertentu sepanjang waktu. Jika menjadi bos bagi diri sendiri, Anda dapat bekerja di mana pun yang disuka. Mau bertemu klien secara virtual atau langsung bisa disesuaikan sendiri. Selain itu, Anda juga bisa menyewa coworking space sebagai pengganti kantor Anda.

Mengatur waktu dan jadwal sendiri

Tak ada yang bisa menghentikan dan menghalangi Anda. Anda dapat mengatur penyelesaian pekerjaan sesuai dengan waktu dan jadwal Anda sendiri. Mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan pagi hari atau larut malam tak lagi menjadi masalah selagi Anda adalah bosnya.  

Anda yang menentukan

Saat menjadi seorang freelancer, Anda adalah pembuat keputusan terakhir. Tidak perlu lagi menjelaskan jutaan kali untuk meyakinkan orang lain mengapa cara Anda mungkin lebih masuk akal. Keputusan ada di tangan sendiri dan Anda dapat melakukan berbagai hal dengan cara Anda.

Potensi penghasilan yang lebih besar

Mungkin saat ini Anda merasa bahwa jaminan gaji setiap bulan dari menjadi karyawan adalah pilihan yang paling nyaman. Namun kenyataannya, potensi penghasilan Anda tidak akan pernah setinggi jika Anda bekerja untuk diri sendiri.

Apakah Anda seorang pelatih pribadi yang bekerja di gym komersial dan digaji dari hasil jerih payah melatih klien? Saat menjadi pekerja lepas, Anda bisa mengucapkan ‘selamat tinggal’ pada pembagian hasil dan ‘halo’ untuk keuntungan 100%.

Lakukan apa yang Anda sukai dan sukai apa yang Anda lakukan

Saat Anda melakukan sesuatu yang Anda sukai namun memiliki atasan yang menyulitkan, jam kerja yang panjang, dan kurangnya kebebasan, ini dapat membuat Anda tidak lagi mencintai apa yang Anda lakukan.

Hal baik menjadi seorang freelancer ialah dapat memilih proyek yang disuka, bekerja seperti mengerjakan hobi di tengah hari, dan hanya melakukan hal-hal apa pun yang Anda inginkan. Tak hanya menyenangkan, menjadi freelancer atau pekerja lepas juga menguntungkan. 

No ratings yet.

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.

Leave a Comment.