Beragam Manfaat Olahraga saat Haid

Selama ini, banyak yang berpikir bahwa aktivitas fisik yang berat, seperti berolahraga, dapat memperparah nyeri haid. Selain itu, rasa lemas dan pusing mungkin benar-benar telah menghilangkan minat untuk berolahraga. Padahal berolahraga adalah hal yang penting untuk dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Namun sebaliknya, berolahraga selama periode datang bulan ternyata malah bisa membuat nyeri haid mereda. Hal ini juga bisa membuat kamu merasa lebih nyaman. Sebab berolahraga dapat mengurangi rasa nyeri, perasaan cemas, hingga pusing yang mengganggu. Tak berhenti di situ, berolahraga saat haid juga punya banyak manfaat lain, lho.

Berikut beberapa manfaat olahraga saat haid yang bisa didapatkan:

1. Meredakan Kram Perut

Nyeri dan kram di sekitar perut adalah satu gejala yang paling sering terjadi saat haid. Namun bukan berarti kamu harus berhenti beraktivitas saat mengalami hal ini. Sebab sebuah penelitian menyebut bahwa berolahraga justru bisa membuat kamu terhindar dari kram perut. Menurut penelitian itu, wanita haid cenderung akan merasa lebih baik saat bergerak.

Semakin aktif tubuh bergerak, maka rasa nyeri akan semakin berkurang. Bergerak saat datang bulan dapat membantu kamu melewati masa haid dengan baik dan mengurangi kram perut. Namun tetap perlu memperhatikan gerakan, dan membatasinya agar tidak berlebihan.

2. Lebih Bahagia

Perubahan suasana hati atau mood secara tiba-tiba saat haid adalah hal yang biasa. Ternyata, berolahraga bisa jadi satu cara untuk menghindari mood swing dan memperbaiki suasana hati. Alhasil, mood akan lebih terjaga dan membuat kamu lebih bahagia.

Saat berolahraga tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood. Berolahraga juga dapat membuat pikiran teralihkan dari rasa nyeri dan perasaan tidak nyaman yang terjadi selama haid.

3. Menjaga Suhu Tubuh

Saat menstruasi, tubuh akan mengalami penurunan suhu. Rutin berolahraga selagi haid bisa membantu menjaga keseimbangan suhu tubuh. Faktanya, tetap berolahraga selama masa haid dapat membantu tubuh menyimpan panas lebih lama. Hal ini dapat mencegah tubuh semakin terasa lemas dan tak bertenaga saat haid. Karena penurunan suhu tubuh secara drastis tentunya tak akan terjadi.

4. Melancarkan Haid

Nyatanya melakukan olahraga dan aktivitas fisik dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh, termasuk pada saat haid. Rutin berolahraga secukupnya saat haid akan mengurangi masalah sirkulasi darah, seperti kemacetan di sekitar panggul. Berolahraga dan berkeringat pun dapat benar-benar meredakan nyeri dan memberi efek tenang pada tubuh.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment.