tips hidup sehat untuk ibu rumah tangga

Begini Tips Gaya Hidup Sehat untuk Ibu Rumah Tangga

Melihat banyaknya rutinitas sehari-hari, tak jarang kesehatan para ibu rumah tangga menjadi terbengkalai. Misalnya, karena pola makan tak teratur dan tak memiliki gaya hidup sehat akan menimbulkan masalah kesehatan. Karena perannya yang sangat krusial dalam keluarga, baik jika seorang ibu rumah tangga dapat menerapkan tips gaya hidup sehat, tak hanya untuk dirinya sendiri tapi juga bagi keluarga.

Memang susah-susah gampang untuk dapat mengatur pola hidup sehat di tengah padatnya kesibukan. Apalagi harus mengurus rumah tangga, anak, atau bahkan mengurus bisnis. Founder & Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Mela Gunawan membagikan tips mengatur gaya hidup sehat yang dapat dilakukan ibu rumah tangga atau mamapreneur yang punya bisnis sampingan.

Miliki mindset hidup sehat

Menerapkan mindset untuk menjalani tips hidup sehat untuk ibu rumah tangga jadi poin penting yang harus dimiliki untuk memulai hidup lebih teratur. Selanjutnya, Anda pasti akan mampu untuk mencoba kebiasaan baru yang lebih sehat. Mela menyarankan agar menerapkan kebiasaan sehat yang baru tersebut dalam waktu 21 hari secara konsisten.

“Kalau saya selalu punya mindset untuk just be fit, gimana caranya just be fit, coba bangun kebiasaan baru dalam 21 hari,” terangnya pada obrolan Podcast bersama Zata Ligouw.

Karena setelah 21 hari, berdasarkan pengalaman Mela, kebiasaan baru itu akan otomatis menjadi kebiasaan sehari-hari. Dan jika sewaktu-waktu Anda tidak melakukan kebiasaan baru tersebut, misalnya olahraga atau makan hidup sehat, hal itu akan berpengaruh pada mood seseorang sehingga memaksanya untuk kembali melakukan kebiasaan sehat.

Meluangkan waktu

Tips lainnya ialah pintar meluangkan dan mengatur waktu. Mela menjelaskan bagi ibu rumah tangga yang sibuk, penting untuk mereka mengatur dan meluangkan waktu jika ingin menjalani pola hidup sehat dan tak ada alasan jika mereka tak memiliki waktu. 

“Kalau saya pribadi mengusung konsep work life balance. Bisa juga diterapkan untuk mamapreneur. Bagi seorang ibu yang waktunya sudah diisi untuk mengurus anak, atau yang punya bisnis online cobalah untuk mengatur waktu. Misal kerja dari jam 10 sampai jam 3, kemudian quality time dengan anak-anak saya dari jam sekian sampai jam sekian,” ujar Mela.

Kemudian jika sudah memiliki timeline dalam pekerjaan, Anda jadi akan lebih mudah pula untuk meluangkan waktu bergaya hidup sehat dengan olahraga. “Cari jam yang memang pas untuk olahraga, tidak butuh banyak waktu. Cukup luangkan 30 menit sehari,” katanya.

Pilih olahraga yang disukai

Menurut Mela, memilih olahraga yang sesuai bisa didasarkan dari apa yang Anda suka. Karena jika melakukan olahraga berdasarkan apa yang disukai, maka mood untuk memulai latihan akan jauh lebih baik.

“Just make it simple, lihat saja kalian sukanya apa, lakukan olahraga berdasarkan apa yang disuka. Yang penting dalam olahraga itu mood dulu yang harus dibangun. Abis itu pilih olahraga apa yang disuka misalkan zumba gitu ya, yaudah dilakukan saja bisa dengan melihat kelas online, atau datang ke studio, atau datang ke tempat gym terdekat,” katanya.

Miliki waktu me time

Terakhir dan tak kalah penting, lanjut Mela, Anda juga harus memiliki waktu untuk me time. Lakukanlah hal-hal yang Anda suka. Hal ini penting dilakukan untuk dapat menyeimbangkan segala aspek dalam hidup dan agar tak terjadi burnout sehingga semua aktivitas dapat berjalan lancar.

“Jadi waktu untuk me time juga harus diluangkan. Karena setiap orang pasti bisa saja burnout, jadi tidak ada lagi mood untuk olahraga, atau quality time sama suami sama anak. Jadi penting banget untuk punya waktu untuk diri sendiri. Kalau saya selalu melakukan hal yang saya suka, misalnya meditasi, atau nonton,” urai Mela.

No ratings yet.

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.

Leave a Comment.