Apakah Keringat Berlebihan saat Berolahraga Pertanda Baik?

Berkeringat saat berolahraga adalah tanda tubuh yang sehat. Ketika Anda berkeringat selama berolahraga, tubuh Anda melakukan pendinginan yang efisien. Berkeringat selama berolahraga menunjukkan pembakaran kalori Anda juga. Otot kardiovaskular Anda bekerja pada tingkat yang lebih cepat dan sirkulasi darah terjadi lebih cepat. Pori-pori di permukaan kulit membuka dan melepaskan semua racun dari tubuh.

Apakah keringat berlebihan selama berolahraga baik untuk Anda?

Berkeringat saat berolahraga adalah cara untuk menjaga tubuh tetap dingin. Seseorang atau atlet yang disesuaikan dengan rezim latihan cenderung berkeringat lebih banyak daripada orang yang tidak aktif. Ini karena berkeringat mendorong darah ke permukaan kulit lebih cepat untuk melepaskan panas dari tubuh.

Oleh karena itu, berkeringat adalah normal pada orang yang sehat dan semakin Anda berkeringat semakin tubuh Anda mendingin. Semakin sulit dan lama Anda berolahraga, semakin tubuh Anda efisien dalam mendinginkan dirinya sendiri.

Apa yang menyebabkan keringat berlebihan saat berolahraga?

Ada banyak penyebab keringat berlebih saat berolahraga:

  • Anda berkeringat berlebihan ketika suhu tubuh Anda naik. Suhu tinggi merangsang kelenjar Eccrine untuk melepaskan cairan (keringat) ke permukaan kulit untuk mendinginkan tubuh. Jika keringat tidak menguap, terkadang tetap berada di permukaan tubuh. Oleh karena itu, keringat yang berlebihan menunjukkan tubuh yang bugar secara fisik. Ini adalah tanda adaptasi tubuh Anda untuk latihan yang konsisten.
  • Berkeringat berlebihan selama berolahraga bisa disebabkan oleh hiperhidrosis idiopatik primer atau hiperhidrosis fokus. Ini mempengaruhi bagian tubuh tertentu seperti wajah, telapak tangan, ketiak dan kaki. Ini adalah gangguan yang terlihat di antara banyak pria dan wanita dari segala usia.
  • Berkeringat berlebihan saat berolahraga juga dapat disebabkan karena obat dan obat tertentu. Orang yang menderita beberapa penyakit medis biasanya berkeringat berlebihan. Obat-obatan seperti anti-depresan, aspirin dan obat-obatan kejiwaan juga dapat membuat seseorang berkeringat berlebihan selama berolahraga.
  • Berolahraga dalam suhu panas dan lembab juga dapat membuat Anda berkeringat banyak. Jika seseorang tidak terbiasa berolahraga di lingkungan seperti itu maka Anda dapat memberi jalan pada kondisi fatal yang dikenal sebagai kelelahan panas.
  • Kondisi medis seperti tuberkulosis, gangguan tiroid, penyakit Parkinson dan beberapa penyakit lain yang mendasarinya juga dapat menyebabkan keringat berlebih saat berolahraga.

Apa bahaya yang mungkin dari keringat berlebihan saat berolahraga?

Meskipun berkeringat berlebihan saat berolahraga baik untuk metabolisme tubuh Anda, kadang-kadang bisa berbahaya pada orang dengan beberapa penyakit atau kondisi medis.

  • Orang-orang yang tidak beradaptasi dengan intensitas latihan fisik dan terbiasa dengan lingkungan yang panas dapat memberi jalan untuk memanaskan kelelahan. Tubuh yang terlalu panas dapat menyebabkan keruntuhan otak yang disebut sebagai heat stroke.
  • Kondisi medis seperti hipoglikemia dapat menyebabkan keringat berlebih. Orang dengan gangguan ini tidak boleh terlalu memaksakan diri selama berolahraga.

Selalu pastikan tubuh Anda tidak mengalami dehidrasi. Dehidrasi atau kehilangan cairan dapat menyebabkan penyusutan sel-sel dalam tubuh.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment.