manfaat kopi untuk diet

Manfaat Kopi Hitam untuk Diet yang Harus Kamu Ketahui!

Bentuk tubuh ideal merupakan impian bagi kaum adam maupun kaum hawa. Sayangnya, masih banyak orang yang salah dalam proses mewujudkannya. Mereka biasanya menjalankan diet yang salah sehingga kebutuhan nutrisi harian menjadi tidak terpenuhi. Parahnya, porsi makan pun dikurangi dengan cara yang tidak tepat dan malah berdampak buruk pada kesehatan.

Namun, sebelum kita menuju ke pembahasan utama, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat membeli kopi untuk dikonsumsi. Terkadang seringkali ada beberapa hal yang dilupakan. Maka, kami ingin memberikan sedikit tips saat membeli kopi. Apa saja?

Kenali Jenis Biji Kopi

Hal ini harus diperhatikan dari segi biji-bijian kopi, orang-orang merekomendasikan untuk memilih biji kopi dengan teknik olahan ‘light roast’.¬†Mengapa? Karena dengan teknik olahan seperti itu, asam chlorogenic¬†yang dihasilkan lebih maksimal sehingga bisa membakar lemak

Minum secara bijak

Mengonsumsi minuman berkafein ini tentunya bagus, namun terkadang jangan terlalu keseringan dikonsumsi. Idealnya, kopi hitam wajib dikonsumsi saat di pagi hari karena membangkitkan stimulus dan menyegarkan pikiran. Dikarenakan kafein yang menjadi patokan utama di biji kopi membuat orang selalu aktif dan “bangun”, sehingga terkadang menjadi kesulitan tidur.

Nah, ada opsi menarik yang dapat Anda jajal sendiri di rumah, yakni diet kopi hitam. Penasaran apa manfaat kopi hitam untuk diet? Mari simak penjelasan berikut.

Menurunkan berat badan

Minum kopi dalam takaran yang pas secara rutin ternyata mampu menurunkan berat badan, lo! Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kopi hitam mengandung senyawa asam klorogenat dan kafein yang mampu membakar lemak serta meningkatkan laju metabolisme. Hal ini dikarenakan kafein dapat meningkatkan penggunaan energi, bahkan ketika tubuh dalam keadaan istirahat.

Selain itu, kopi hitam juga bisa meningkatkan penurunan berat badan ketika dikonsumsi 30 menit sebelum berlatih kebugaran. Proses metabolisme bahkan dapat naik hingga 50 persen. Konsumsi kopi hitam juga menstimulasi sistem saraf untuk mengirimkan sinyal ke tubuh agar mengubah lemak menjadi sumber energi. Bagi yang memiliki perut buncit, meminum kopi hitam untuk diet bisa menjadi solusi.

Membersihkan racun dalam tubuh

Dengan mengonsumsi kopi hitam selanjutnya adalah membersihkan racun. Kopi hitam merupakan minuman diuretik yang merangsang tubuh untuk buang air kecil. Jadi, ketika Anda minum kopi hitam tanpa gula, semua racun dan bakteri akan dikeluarkan dalam bentuk urine.

Mengurangi risiko diabetes

Diet yang baik dan benar sangat berguna untuk mengurangi risiko penyakit berbahaya, misalnya, diabetes. Pengidap diabetes mengalami kerusakan organ dan penyakit hati. Riset menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi kurang dari dua gelas kopi berisiko tinggi terkena diabetes. Minuman mengandung kafein ini mampu mencegah diabetes dengan mengontrol produksi insulin.

Meningkatkan kinerja saat latihan kebugaran

Salah satu manfaat terbaik kopi hitam adalah meningkatkan kinerja fisik secara signifikan sewaktu menjalani latihan kebugaran. Kopi hitam bekerja menaikkan adrenalin dalam darah dan mempersiapkan tubuh dalam kegiatan fisik intensif. Selain itu, kopi hitam juga melepaskan timbunan lemak ke aliran darah dalam bentuk asam lemak bebas sebagai sumber energi.

Sumber antioksidan

Berikutnya, kopi hitam dikenal sebagai sumber antioksidan. Kopi hitam mengandung magnesium, potasium, mangan, vitamin B2, B3, dan B5 yang baik untuk kesehatan tubuh. Antioksidan dalam minuman ini mampu mengurangi risiko asam urat dengan cara menurunkan level insulin. Tak hanya itu, kesehatan kulit selama diet tetap terjaga dengan dukungan antioksidan.

Meningkatkan metabolisme dan membakar kalori

Kafein dalam kopi hitam mampu menstimulasi jaringan lemak cokelat dalam tubuh sehingga kalori dapat terbakar. Studi Scientific Reports pada tahun 2019 juga menunjukkan bahwa meminum segelas kopi akan menaikkan tingkat metabolisme dalam jaringan lemak cokelat. Adapun riset dari American Journal of Clinical Nutrition di tahun 2020 yang menyatakan penurunan berat badan sebanyak 4 persen pada orang-orang yang mengonsumsi 4 gelas kopi hitam berkafein sehari.

Meningkatkan kesehatan jantung

Minum kopi hitam memang menaikkan tekanan darah, tetapi efek ini hanya berlangsung sementara. Minum satu atau dua gelas kopi hitam setiap hari mampu mengurangi risiko penyakit jantung, termasuk stroke. Kopi hitam juga menurunkan level inflamasi dalam tubuh.

Demikian pembahasan tentang beragam manfaat kopi hitam untuk diet. Tertarik untuk mencobanya? Sebelum menjalani diet ini, kenali dahulu kondisi tubuh Anda secara detail. Sebaiknya berkonsultasi ke dokter terpercaya untuk mendapatkan panduan diet yang tepat. Selanjutnya, jangan lupa jaga kebugaran selama diet dengan latihan di ReFIT, ya!

No ratings yet.

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.