apa itu trx

Dinilai Dapat Melatih Otot, Apa Itu TRX Sebenarnya?

Olahraga merupakan bentuk aktivitas fisik yang terstruktur dengan gerakan tubuh yang berulang-ulang. Manfaat berolahraga adalah untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan derajat kesehatan tubuh. Terdapat banyak jenis olahraga yaitu berupa atletik, permainan bola, seni bela diri, berenang, gym, hingga dance.

Salah satu olahraga yang termasuk dalam fitness adalah TRX. Apa itu TRX? TRX merupakan singkatan dari Total Body Resistance Exercise yang merupakan olahraga yang menggunakan tali bergelantungan di tempat nge-gym atau gymnasium. TRX mengandalkan otot tubuh, gaya gravitasi dan resistensi dengan menggunakan tali sebagai bagian dari metode latihan.

Olahraga TRX akan membuat kekuatan tubuh lebih terbentuk, lebih seimbang, lebih terkoordinasi, lebih fleksibel, dan sendi dan otot yang lebih stabil. Manfaat olahraga TRX terdapat beberapa yang bisa Anda dapatkan adalah sebagai berikut ini. Simak ya!

Melatih Seluruh Tubuh (Total Body Workout)

Apa itu TRX telah Anda pahami sehingga Anda wajib tahu manfaat TRX bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat latihan TRX adalah terlatihnya seluruh tubuh karena TRX merupakan Total Body Workout. Total Body Workout yang ada pada TRX bisa membawa banyak keuntungan pada tubuh yaitu berupa peningkatan kekuatan otot, berat badan yang turun, tekanan darah yang lebih stabil dengan level normal, dan risiko penyakit jantung yang menurun.

Latihan TRX melibatkan seluruh kekuatan tubuh dan beban tubuh yang bergantung pada tali yang bergantung. TRX terfokus pada melatih semua otot tubuh untuk bergerak dalam waktu yang perlahan. Bagi Anda yang merupakan pemula pada TRX, Anda bisa mencoba gerakan jump squat, single leg lunge, bicep exercise, dan push up. Untuk menghindari cidera saat pertama kali melakukan latihan TRX, Anda sebaiknya didampingi oleh personal trainer.

Berat Badan Turun

TRX merupakan latihan yang sangat populer untuk menurunkan berat badan. Dengan melakukan latihan TRX dalam satu sesi atau 60 menit, Anda bisa membakar kalori hingga 400 kalori. TRX akan memberikan efek berat badan yang menurun, dengan lingkar pinggang yang mengecil akibat persentase lemak tubuh yang berkurang.

Otot Lebih Terbentuk Secara Optimal

Latihan TRX mampu membentuk otot. TRX memanfaatkan beban tubuh yang ditahan oleh otot tubuh sendiri. Latihan TRX akan melibatkan penebalan massa otot dan serat otot yang lebih terbentuk. Agar otot Anda lebih terbentuk, Anda wajib memberikan waktu bagi otot untuk beradaptasi. Latihan TRX akan membuat kekuatan otot meningkat, lebih fleksibel, dan lebih tahan dibandingkan dengan latihan otot konvensional.

Cocok untuk Semua Level Fitness

Latihan TRX merupakan latihan yang sangat cocok dilakukan oleh segala usia dan gender. Latihan TRX merupakan latihan yang bisa Anda atur sendiri intensitas dan durasinya sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat TRX yang Anda inginkan atau target.

Membakar Kalori dan Memperlancar Metabolisme

Latihan TRX akan memberikan manfaat berupa kalori yang terbakar lebih banyak dan lebih baik. Hal ini dikarenakan latihan TRX terfokus pada menggerakkan semua otot tubuh dengn semua bagian tubuh yang bergerak dalam waktu perlahan. Selain kalori yang terbakar lebih banyak, otot tubuh Anda akan bekerja lebih maksimal selama latihan TRX berlangsung. Dengan otot yang bekerja lebih intens dan kalori yang terbakar, metabolism tubuh akan lebih lancar.

Tulang Punggung Lebih Kuat

Latihan TRX akan memberikan manfaat memberikan kekuatan pada beberapa bagian tubuh yang lebih utamanya adalah tulang punggung sebagai penopang beban tubuh. Dengan tulang punggung yang lebih kuat akan membuat postur tubuh jadi lebih tegak dan proporsional.

 

Sekarang Anda telah paham apa itu TRX beserta manfaatnya. Anda bisa menjadikan TRX kegiatan rutin olahraga yang membuat tubuh lebih kuat dan fit. Dengan melakukan olahraga TRX, otot core dan persendian akan lebih baik. Selamat mencoba ya!