apa itu body combat

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Body Combat

Untuk yang sering pergi ke gym dan mengikuti beberapa kelas olahraga, tentu pernah mendengar olahraga yang disebut dengan body combat. Tapi, apa itu body combat? Apakah sejenis olahraga baru yang digunakan untuk membentuk tubuh?

Sebenarnya, body combat termasuk olahraga yang unik. Ia menggabungkan beberapa gerakan dari seni bela diri dan dipadukan dengan musik rancak. Gerakan yang intensif dan musik keras yang diputar membuat olahraga body combat sangat cocok untuk Anda yang ingin membakar kalori lebih efektif.

Dikenalkan pertama kali oleh Les Mills International

Olahraga body combat awalnya dikenalkan dan dikembangkan oleh Les Mills International, sebuah perusahaan asal New Zealand, yang bergerak di bidang suplai alat kebugaran. Les Mills International merilis kelas body combat pertama kali di New Zealand pada bulan Juni tahun 1999. Semenjak saat itu, Les Mills International merilis berbagai kumpulan gerakan dan musik pengiring untuk olahraga body combat yang berbeda-beda setiap tiga bulan sekali.

Saat ini, Les Mills International sendiri sudah menyuplai berbagai kelas kebugaran beserta dengan alat-alat yang dibutuhkan ke 13.000 klub kebugaran di lebih dari tujuh puluh negara. Saat ini, Les Mills International menjadi perusahaan penyuplai kelas kebugaran terbesar di dunia dengan memiliki koreografi dan musik sendiri.

Lalu, apa itu body combat?

Melihat dari latar belakang Les Mills International yang bergerak di bidang suplai alat kebugaran dan kelas olahraga dengan musik, maka apa itu body combat adalah kelas kebugaran yang menggabungkan gerakan-gerakan dengan musik yang rancak.  Gerakan yang diambil kebanyakan dari berbagai macam seni bela diri dari berbagai dunia. Beberapa gerakan dari seni bela diri itu diambil dan dikombinasikan satu sama lain, lalu ditambahkan musik pengiring.

Meski gerakan yang diambil dari seni bela diri, Anda tidak perlu jadi ahli bela diri dulu jika ingin mengikuti kelas ini. Sebab, sudah ada instruktur yang siap membimbing berbagai gerakan yang sudah dibuat untuk satu sesi kelas body combat. Menariknya, Anda pun bisa memilih durasi dan intensitas kelas body combat, mulai dari yang paling ringan hingga berat.

Menggabungkan empat macam bela diri

Adapun seni bela diri yang gerakannya diambil untuk body combat adalah karate, muay thai, taekwondo, dan jujitsu. Sebagai contoh, jurus-jurus tinju yang merupakan gerakan memukul hidung lawan, diadopsi menjadi gerakan memukul dengan arah tangan yang lurus dan tinggi dalam body combat. Lalu, gerakan memukul dagu lawan dalam tinju menjadi gerakan ayunan tangan dari bawah ke atas dalam body combat.

Sementara itu, gerakan menendang yang diadopsi dari muay thai diubah menjadi gerakan arah kaki lurus ke depan, ke samping, dan mendorong ke arah belakang. Seluruh gerakan tersebut akan diulang hingga beberapa kali. Perpaduan gerakan dari berbagai macam seni bela diri tersebut lantas digabungkan menjadi gerakan menendang dan meninju yang diiringi dengan musik untuk membangkitkan semangat.  

Terdiri dari sepuluh set gerakan

Dalam satu sesi kelas body combat, permulaan gerakan dimulai dengan gerakan-gerakan ringan sebagai bagian dari pemanasan. Kemudian, dilanjutkan dengan gerakan memukul dan menendang yang intensitasnya lebih tinggi. Setelah selesai, sesi akan diakhiri dengan gerakan pendinginan. Secara keseluruhan, satu sesi kelas body combat terdiri dari sepuluh set gerakan dengan sepuluh lagu yang berbeda. Sepuluh sesi tersebut adalah:

  • Pemanasan – gerakan dipusatkan pada pemanasan otot serta gerakan dasar yang akan digunakan.
  • Combat 1 – gerakan memukul seolah ada musuh di depan.
  • Kekuatan 1 – gerakan aerobik yang fokus pada kecepatan, kekuatan, dan ketahanan.
  • Combat 2 – kombinasi gerakan yang seolah menghajar musuh.
  • Kekuatan 2 – gerakan yang dilakukan berfokus pada tubuh bagian atas.
  • Combat 3 – intensitas gerakan mulai melambat namun masih semangat.
  • Muay thai – gerakan berpusat pada gerakan muay thai untuk meningkatkan stamina dan mengalahkan musuh.
  • Kekuatan 3 – puncak seluruh gerakan body combat yang dibuat agar masing-masing orang mencapai tujuan kebugarannya.
  • Rekondisi – latihan kekuatan otot dengan push up dan senam lantai.
  •  Pendinginan – mendinginkan tubuh setelah satu kelas selesai.

 

Apa itu body combat, yang ternyata adalah olahraga dengan mengambil berbagai gerakan dari beberapa seni bela diri, tentu saja akan menambah wawasan Anda dalam hal olahraga. Karena gerakan yang dilakukan dalam body combat cukup intens, maka olahraga ini disarankan untuk yang ingin membakar kalori dan membentuk tubuh.

No ratings yet.

Please rate this