kesehatan jantung

6 Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Berolahraga atau aktif secara fisik merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Melalui berolahraga, Anda dapat melatih otot jantung, menjaga berat badan agar tetap ideal (tidak obesitas), menurunkan kolesterol dan tekanan darah, serta mengurangi kadar gula dalam darah. Semua hal ini merupakan komponen utama dari jantung yang sehat. Berikut ini 6 olahraga yang baik untuk kesehatan jantung, terutama bagi Anda yang memiliki risiko tinggi terkena stroke atau penyakit jantung lainnya.

Jogging

Melakukan jogging memang terkesan sangat sepele, bahkan banyak yang menganggap bahwa olahraga ini belum cukup untuk menyehatkan tubuh. Namun, berbagai penelitian sudah membuktikan bahwa orang-orang yang rutin jogging dapat meningkatkan kadar kolesterol baik, menurunkan risiko penyakit jantung, memperlancar sirkulasi darah, serta mengurangi produksi hormon adrenalin dan kortisol.

Sebagai olahraga yang baik untuk jantung, jogging ini juga bisa divariasikan sesuai kemampuan masing-masing. Mulai dari berjalan santai, berjalan cepat atau speed walking, sampai sepenuhnya berlari. Lakukan jogging sekitar 30 menit setiap 5 hari dalam seminggu untuk hasil optimal. Anda juga bisa menikmati jogging sambil mendengarkan lagu atau podcast favorit.

Berenang 

Olahraga renang memang sudah begitu digemari banyak orang karena efektivitasnya dalam menyehatkan paru-paru dan jantung. Hebatnya lagi, olahraga yang baik untuk jantung ini pun juga sangat direkomendasikan oleh berbagai pakar kesehatan bagi pasien penyakit jantung. 

Tidak perlu berenang dengan intensitas yang ekstrem, asalkan dilakukan dengan rutin, minimal 30 menit setiap 5 hari dalam seminggu. Anda bisa mulai dengan gaya bebas yang mudah bagi pemula. Begitu Anda sudah lebih mahir, Anda pun bisa mencoba gaya renang seperti gaya punggung, gaya katak, gaya kupu-kupu, dan lain sebagainya.

Bersepeda

Selama pandemi ini, tren bersepeda jadi semakin memuncak. Tidak mengherankan karena bersepeda merupakan salah satu olahraga yang baik untuk jantung dan sangat menyenangkan untuk dilakukan, baik sendirian atau bersama keluarga dan teman. 

Caranya sangat sederhana, cukup mengayuh sepeda saja. Anda bisa bersepeda dengan santai setiap pagi atau sore untuk melepas penat. Apabila Anda ingin melakukan olahraga yang lebih intens, Anda pun bisa memodifikasi rutinitas bersepeda. Misalnya, 5 menit pertama dihabiskan untuk bersepeda santai, lalu 10 menit untuk bersepeda dengan high intensity

Yoga

Banyak orang beranggapan bahwa orang-orang yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung sebaiknya tidak melakukan aktivitas yang terlalu menguras tenaga. Sebenarnya ini tidak bisa dijadikan fakta yang kredibel, namun bila Anda tetap ingin melakukan olahraga yang lebih santai, Anda bisa memilih yoga.

Olahraga yang baik untuk jantung ini sebaiknya dilakukan bersama instruktur yang sudah mengantongi sertifikat mengajar. Ini karena pose-pose yoga cukup rumit dan memerlukan postur serta teknik yang sempurna agar hasilnya bisa lebih terasa. Untuk itu, Anda bisa mendaftarkan diri ke kelas yoga di ReFIT dengan bantuan instruktur berpengalaman. 

Menari aerobik

Jika Anda ingin pilihan olahraga yang baik untuk jantung sekaligus menyenangkan, maka Anda bisa memilih latihan aerobik yang digabungkan dengan gerakan menari. Olahraga seperti ini sangat digemari oleh wanita dan pria yang ingin aktif bergerak, namun juga disulitkan dengan gerakan olahraga yang rumit.

Anda bisa mengikuti kelas zumba atau aerobic dance, baik offline maupun online. Selain kedua kelas tersebut, olahraga seperti tai chi juga termasuk ke dalam olahraga aerobik yang direkomendasikan demi kesehatan jantung.

Resistance training

Kesehatan jantung juga bisa ditingkatkan lewat resistance training, yakni olahraga yang mengurangi lemak tubuh dan membentuk otot yang kekar. Olahraga yang baik untuk jantung dan termasuk ke dalam resistance training ini ada beberapa macam. Salah satunya adalah olahraga angkat beban dengan dumbbell, barbell, atau hand weights. Selain olahraga angkat beban, Anda juga bisa melakukan gerakan olahraga seperti push-up, squat, dan plank.

No ratings yet.

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.

Leave a Comment.