workout tanpa alat

6 Gerakan Workout Tanpa Alat yang Mudah Dilakukan

Tidak hanya demi meraih bentuk tubuh ideal saja, namun rutin berolahraga juga penting bagi kesehatan fisik dan mental Anda. Tenang saja, Anda bisa mencoba beberapa gerakan workout tanpa alat di bawah ini untuk kembali melatih otot-otot tubuh yang bisa dilakukan di rumah atau dimanapun.

Press-Up

Gerakan workout yang satu ini sama dengan push-up, di mana kedua tangan dan kaki menopang seluruh tubuh Anda. Atur posisi press-up di lantai, atau di atas karpet, dan pastikan kedua tangan Anda sejajar dengan posisi bahu. 

Seluruh badan Anda harus dalam posisi lurus. Kemudian, turunkan tubuh Anda dengan menekuk kedua tangan sampai hanya berjarak 1 inci dari lantai, lalu naikkan kembali dengan meluruskan kedua tangan. Gerakan workout ini melatih lebih dari satu bagian otot, sehingga menjadikannya pilihan tepat untuk rutinitas olahraga di rumah tanpa alat.

Burpees

Untuk bisa melakukan burpees, Anda perlu stamina yang cukup besar. Meski terlihat sederhana, namun gerakan workout ini bisa menguras tenaga Anda dalam waktu yang singkat. Maka dari itu, burpees cocok bagi Anda yang ingin lebih optimal dalam membakar lemak tubuh. 

Cara melakukan burpees adalah dengan mengambil posisi berdiri, melompat, squat down, dan turunkan badan Anda dengan menaruh kedua telapak tangan di lantai serta merentangkan kedua kaki Anda. Jika divisualisasikan, maka Anda memulai dengan posisi berdiri, lalu squat, dan berakhir di posisi push-up.

Bridge

Gerakan workout seperti bridge cukup ringan untuk dilakukan sebagai pemanasan, namun juga tetap bisa Anda masukkan sebagai rutinitas olahraga. Pertama-tama, berbaringlah di atas matras atau karpet dengan posisi kedua lutut tertekuk dan kedua tangan menempel di lantai. 

Engage bagian perut Anda sambil mengangkat bokong Anda ke atas sampai garis punggung hingga paha Anda lurus. Lakukan ini selama berulang kali untuk hasil maksimal.

Squat

Squat mampu melatih bagian perut, paha, dan bokong Anda. Selain itu, gerakan workout ini juga terbilang cukup mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Anda bisa melakukannya tanpa alat atau dengan bantuan kursi.

Mulai dengan posisi berdiri, jarak antara kedua kaki selebar bahu. Rentangkan kedua tangan Anda agar lurus ke depan. Dorong bokong Anda ke belakang sambil menekuk kedua lutut, layaknya Anda akan duduk di kursi. Pastikan punggung Anda selalu dalam keadaan lurus, tidak membungkuk. Setelah squat berhasil, kembali ke posisi berdiri dan lakukan gerakan workout ini secara berulang.

Bicycle crunch

Jika Anda ingin melatih bagian perut, terutama membentuk abs, maka bicycle crunch adalah gerakan workout yang tepat. Caranya adalah dengan memulai dari posisi terlentang, kedua tangan ada di belakang leher.

Gerakkan kedua kaki Anda seperti sedang mengayuh sepeda, di mana setiap kali lutut terangkat, Anda perlu menyentuhnya dengan ujung siku tangan. Misalnya lutut kiri terangkat, maka sentuh dengan siku kanan.

Plank

Ini merupakan gerakan workout yang paling sederhana, namun efeknya cukup terasa. Selain otot lengan, gerakan ini juga melatih area perut. Mulai dengan posisi push-up, tetapi tempelkan lengan bawah ke lantai, seperti posisi tangan ketika berdoa. Tahan posisi ini selama 1 menit, pastikan punggung Anda tetap lurus. Kencangkan juga area perut dan glutes selama posisi plank.

Itu dia gerakan-gerakan workout yang bisa Anda coba tanpa menggunakan alat sama sekali. Apabila Anda masih merasa membutuhkan bantuan personal trainer layaknya di gym untuk mampu sepenuhnya berolahraga, Anda bisa berolahraga di ReFIT dengan bantuan personal trainer professional. Di ReFIT Club, sudah dilengkapi juga berbagai peralatan olahraga, kelas olahraga, dan tentu saja protokol kesehatan untuk menjamin keamanan Anda.

No ratings yet.

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.