mengatasi kurang tidur

6 Cara Mengatasi Kurang Tidur Agar Tetap Fit

Tahukah Anda bahwa orang dewasa perlu tidur selama 7-8 jam setiap hari? Jika Anda tidak memenuhi anjuran tersebut, artinya Anda kurang tidur. Pantas saja bila Anda sering merasa kelelahan dan ngantuk di siang hari. Jika kurang tidur menjadi kebiasaan, hal ini akan berimbas buruk pada performa kerja dan kesehatan tubuh Anda. Berikut ini 6 cara mengatasi kurang tidur agar tetap fit yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang. 

Komitmen pada jadwal tidur

Ketika weekdays, Anda pastinya memiliki jam bangun tertentu yang sudah diatur agar tidak terlambat bekerja. Namun, banyak orang yang mengabaikan jadwal tidur ini di akhir pekan. Memang tidak ada salahnya untuk bersantai di akhir pekan, tetapi komitmen terhadap jadwal tidur Anda merupakan cara mengatasi kurang tidur agar tetap fit yang sangat efektif.

Misalnya Anda terbiasa tidur jam 10 malam dan bangun di jam 7 pagi setiap weekdays. Nah, maka Anda juga perlu tidur dan bangun di jam yang sama di akhir pekan atau di hari libur. Dengan begitu, tubuh Anda pun akan terbiasa untuk merasa ngantuk mendekati jam 10 dan bangun dengan sendirinya di jam 7 pagi. 

Berjemur matahari

Apa hubungan antara tidur dan berjemur? Sinar matahari dapat mendorong produksi hormon serotonin atau yang biasa disebut dengan hormon bahagia. Hormon ini juga berperan dalam membuat tubuh serta pikiran jadi lebih rileks, sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk tertidur pulas di malam hari.

Pastikan Anda berjemur di pagi hari, tepatnya sebelum jam 9 pagi agar tubuh tidak terlalu terasa gerah akibat sengatan panas matahari. Anda cukup berjemur selama 15-20 menit. Hindari untuk berjemur di atas 30 menit tanpa menggunakan sunscreen, ya.

Batasi asupan karbohidrat

Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat bisa menyebabkan Anda merasa cepat lelah dan mengantuk. Asupan karbohidrat yang berlebihan juga berimbas pada kadar gula dalam tubuh yang kian meningkat. Alhasil, Anda pun akan lebih cepat lelah di siang hari dan semakin sulit untuk tertidur di malam hari.

Maka dari itu, Anda perlu memiliki menu makanan yang seimbang. Cukupi kebutuhan sayur dan buah-buahan untuk menutrisi tubuh dengan gizi seimbang. Dengan pola makan yang sehat, maka Anda pun semakin mudah untuk menerapkan cara-cara mengatasi kurang tidur agar tetap fit lainnya.

Cukupi kebutuhan air putih

Dehidrasi atau kekurangan air putih juga menyebabkan tubuh terasa lelah dan mengantuk, meskipun Anda sudah tidur selama lebih dari 7 jam. Cara mengatasi kurang tidur agar tetap fit ini memang terbilang sepele, namun akan sangat berpengaruh terhadap siklus tidur Anda.

Setidaknya, minum 8 gelas air putih setiap harinya, apalagi jika Anda sudah sibuk beraktivitas seharian penuh. Kurangi juga konsumsi minuman bersoda dan beralkohol yang mengandung banyak gula supaya tubuh tetap berenergi sepanjang hari.

Tidur siang sebentar

Orang yang kurang tidur akan sangat merasa kelelahan di siang hari. Biasanya, orang-orang akan mulai minum kopi dengan kafein tinggi untuk menangkal rasa ngantuk ini. Tetapi, kebiasaan minum minuman berkafein malah akan semakin mempersulit Anda untuk tertidur di malam hari.

Oleh karenanya, cara mengatasi kurang tidur agar tetap fit yang terbilang paling ampuh adalah dengan tidur siang. Menurut penelitian, jam 10 pagi sampai jam 2 siang merupakan waktu terbaik untuk tidur siang. Semisal Anda sibuk bekerja, Anda bisa tidur siang selama 30 menit di waktu makan siang.

Aktif berolahraga

Salah satu penyebab mengapa Anda sulit tertidur adalah karena tubuh Anda tidak merasa lelah. Meski begitu, organ-organ tubuh tetap harus beristirahat karena sudah aktif bekerja seharian penuh. Memiliki rutinitas olahraga sangat dianjurkan sebagai cara mengatasi kurang tidur agar tetap fit. Anda perlu berolahraga minimal 30 menit dalam sehari, 5x dalam seminggu. 

Anda bisa berolahraga di rumah dengan gerakan-gerakan workout yang mudah, atau mengikuti kelas olahraga dengan mengambil membership di gym seperti di ReFIT yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan peralatan olahraga yang mumpuni. Anda juga bisa meminta bantuan personal trainer yang akan merancang program olahraga terbaik sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda. Tidak perlu khawatir, ReFIT sudah menetapkan protokol kesehatan yang ketat untuk menjamin keamanan setiap pengguna gym.

No ratings yet.

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.

Leave a Comment.