5 Rutinitas Pagi Untuk Tingkatkan Produktivitas Kerja

Berikut beberapa rutinitas pagi yang baik untuk dilakukan sebagai persiapan berangkat kerja agar lebih produktif:

1. Bangun Lebih Awal

Saat kamu bangun kesiangan, kamu akan melakukan persiapan berangkat kerja dengan terburu-buru. Misalnya, mandi dan sarapan, semua harus dilakukan dengan serba cepat karena sudah kesiangan. Hal itu tentu akan berdampak pada kinerja kamu di kantor. Kamu cenderung sulit berkonsentrasi, bahkan rentan mengalami stres akibat pekerjaan karena tidak mempersiapkan diri dan pikiran kamu dengan baik.

Sebaliknya, bangun lebih awal akan memberimu lebih banyak waktu untuk melakukan rutinitas pagi yang baik agar tetap produktif sepanjang hari. Kamu tidak perlu bangun terlalu pagi kok, tapi sesuaikan jadwal bangunmu dengan waktu mulai kerja. Dan hindari memencet tombol snoozed pada alarm di smartphone kamu. Kebiasaan buruk tersebut adalah penyebab umum bangun kesiangan.

2. Merilekskan Diri dengan Meditasi

Setelah bangun tidur, sebaiknya jangan langsung melakukan aktivitas berat. Tapi cobalah untuk membuat tubuh rileks terlebih dahulu dengan aktivitas yang menenangkan, seperti meditasi, berdoa, atau yoga. Meluangkan waktu 15-30 menit untuk berkontemplasi bisa memberi pikiran yang lebih tenang dan proaktif untuk hari itu.

3. Minum Air Putih

Rutinitas pagi lainnya yang juga penting dilakukan setelah bangun tidur adalah minum air putih. Sebab tubuh tidak mendapatkan asupan cairan sepanjang malam kamu tidur, sehingga kamu perlu mengembalikan hidrasi tubuh dengan minum air.

Bukan hanya menghidrasi tubuh saja, minum air putih di pagi hari bisa membuat kamu bersemangat dan membantu mengaktifkan otot dan organ dalam tubuh untuk bekerja. Menurut ahli, dehidrasi bisa membuat seseorang menjadi lesu dan kurang berenergi.

4. Berolahraga Ringan atau Stretching

Tahukah kamu bahwa tokoh-tokoh sukses, seperti Richard Branson, Sheryl Sandberg, dan Mark Zuckerberg semuanya memprioritaskan olahraga setelah bangun tidur. Hal itu karena olahraga bisa membantu meningkatkan energi, motivasi, produktivitas, dan stamina fisik dan mental mereka.

Jadi, olahraga bisa kamu masukkan ke dalam rutinitas pagi kamu sebagai persiapan berangkat kerja. Tidak perlu melakukan olahraga berat, jalan kaki atau joging mengelilingi komplek perumahan selama 30 menit sudah cukup untuk membuat tubuh terasa segar. Bila kamu tidak sempat berolahraga, stretching ringan pun juga bermanfaat.

5. Sarapan Tinggi Protein

Terlepas dari apakah kamu terbiasa sarapan atau tidak, tapi sarapan merupakan salah satu kunci persiapan sebelum berangkat kerja untuk hari yang produktif. Ingat, tubuh sudah berpuasa selama 7-8 jam pada waktu malam hari. Nah, dengan memulai hari dengan sarapan yang kaya akan protein bisa mengembalikan energi tubuh kamu. Beberapa pilihan sarapan berprotein yang cepat dan enak untuk dinikmati, antara lain telur, yoghurt, protein shake, kacang almond, dan gandum.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment.