5 Rekomendasi Alat untuk Latihan Kekuatan yang Lebih Efektif

1. Matras Yoga

Namanya latihan kekuatan, tentu Anda harus mendorong otot-otot Anda secara maksimal – dan ini bisa menjadi hal yang membuat Anda tidak nyaman. Terlebih lagi, jika lutut Anda sudah mulai sakit karena berlutut di lantai, atau punggung Anda sakit karena melakukan sit up di permukaan yang keras.

Oleh sebab itu, pertimbangkanlah menggunakan matras yoga tebal yang memberi dukungan ekstra untuk lutut, siku, dan persendian Anda saat melakukan latihan high-impact. Ini semua untuk keamanan dan kenyamanan Anda selama berlatih.

2. Kettlebell

Kettlebell adalah salah satu alat untuk latihan kekuatan yang harus Anda miliki. Berbagai variasi gerakan bisa Anda lakukan dengannya, termasuk bicep curlssquatsdeadlifts, dan snatches.

Tidak seperti dumbel dan barbel yang seringkali fokus pada kekuatan dan membangun jaringan otot tanpa lemak. Anda juga bisa mendapatkan manfaat ini dengan kettlebell, ditambah alat ini juga menantang keseimbangan dan merekrut lebih banyak otot sekaligus.  Meski relatif baru, alat olahraga ini menawarkan jenis latihan yang sama sekali berbeda dari dumbel dan barbel.

Banyak latihan kettlebell melibatkan gerakan mengayunkan beban, sehingga jauh lebih dinamis daripada menggunakan dumbel. Itu juga alasan mengapa Anda bisa melatih berbagai aspek kebugaran dengan kettlebell (kekuatan, stamina, daya tahan, bahkan kardio).

3. Resistance Band

Jika Anda ingin beban yang lebih simple, tetapi tidak kalah efektifnya, resistance band patut Anda pertimbangkan. Dari semua pilihan alat kebugaran yang ada, bisa dikatakan ini adalah yang paling ringan dan paling murah.

Jangan terkecoh dengan bentuknya yang kecil, pita penahan ini mampu mengelompokkan otot kecil dan besar Anda. Bonusnya, ini juga bisa dijadikan sebagai alat pemulihan yang hebat dengan peregangan.

Umumnya, resistance bands tersedia dalam variasi warna untuk membedakan jumlah ketegangan yang ditawarkan. Misalnya, pita kuning untuk resistensi ringan, hijau untuk resistensi sedang, dan merah untuk resistensi yang lebih tinggi.

Gunakan alat kebugaran ini untuk melakukan glute bridgelateral leg raisesquattricep press, dan banyak lagi. Dengan menggunakan pita ini, Anda dapat meningkatkan intensitas latihan apa pun.  Alat ini juga travel-friendly, sehingga Anda bisa dengan mudah mengemasnya ke dalam tas olahraga saat berangkat ke gym.

4. TRX

Jika Anda masih beranggapan bahwa sistem suspensi TRX hanya untuk di gym, saatnya ubah pemikiran Anda. Sistem pelatihan ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Anda dapat dengan mudah memasang serangkaian tali dan pegangannya di langit-langit rumah Anda untuk melakukan latihan ketahanan seluruh tubuh tanpa beban.

Alat ini juga dapat meningkatkan kesulitan latihan Anda dengan menambahkan elemen ketidakstabilan pada gerakan berat badan, yang membantu Anda melibatkan lebih banyak otot inti daripada menggunakan dumbel. Misalnya, selipkan kaki Anda ke pegangan TRX, dan push up reguler Anda berubah menjadi gerakan inti dan menstabilkan bahu.

Dengan hanya menggunakan berat badan, Anda pun bisa menyesuaikan resistensi dengan menggerakkan kaki Anda lebih dekat (lebih sedikit resistensi) atau lebih jauh (lebih banyak resistensi) dari titik jangkar. Selain itu, karena ringan dan dapat disesuaikan, sistem pelatihan TRX ini ideal untuk ruang kecil dan orang dari semua ukuran dan tingkat kebugaran.

5. Stability Ball

Rasanya masih kurang jika latihan kekuatan – baik di rumah maupun di gym – tidak menggunakan stability ball.  Mengapa? Karena latihan dengan bola stabilitas penting sebagai fundamental yang baik dalam kebugaran. Jika stabilitas otot Anda lemah, Anda pun akan lebih rentan terhadap cedera.

Alih-alih menggunakan bangku, alat untuk latihan kekuatan dan inti ini juga membantu meningkatkan pembakaran kalori dengan menantang keseimbangan Anda. Sekelompok otot akan bekerja untuk membantu tubuh Anda tetap stabil, yang membantu Anda mendapatkan lebih banyak di setiap repetisi.

Cobalah latihan menggunakan bola stabilitas untuk memperkuat glutesquadscore, dan lengan Anda. Pertimbangkan juga untuk memilih stability ball dengan daya tampung yang besar dan kuat, serta dilengkapi dengan pompa.

 

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment.