5 Olahraga yang Membantu Redakan Pegal

Pegal menjadi salah satu keluhan kesehatan yang cukup sering dialami siapa saja. Biasanya, pegal yang dialami membuat pengidapnya merasa tidak nyaman pada beberapa bagian tubuh, seperti bahu, punggung, tangan, hingga kaki.

Kondisi ini bisa terjadi akibat beberapa hal, seperti olahraga berlebihan, berdiri atau duduk terlalu lama, melakukan kegiatan dengan gerakan yang sama dalam durasi panjang, mengangkat beban terlalu berat, hingga mengalami cedera di bagian tubuh tertentu.

Jika pegal dirasakan terbilang ringan, biasanya kondisi ini bisa diatasi dengan pijat. Mengunjungi tempat pijat menjadi alternatif yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan ini. Namun, selain pijat kamu juga bisa melakukan olahraga ringan yang memiliki efek setara dengan pijat.

Berikut ini olahraga ringan yang bisa mengatasi pegal:

1. Push Up

Push up menjadi salah satu gerakan peregangan tubuh yang membuat tubuh menjadi lebih fleksibel. Gerakan menurunkan tubuh membuat otot punggung meregang. Saat kamu menaikkan tubuh, maka otot bisep yang akan meregang.

Rutin melakukan push up setiap harinya membuat otot bisep dan punggung akan menjadi lebih fleksibel. Peningkatan fleksibilitas pada tubuh dapat menurunkan risiko pegal dan cedera yang mungkin terjadi. Jadi, tidak ada salahnya mencoba untuk melakukan push up saat kamu mengalami pegal pada bagian punggung.

2. Squat

Menurunkan dan menaikkan tubuh dalam gerakan squat dapat membantu kamu meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan tubuh. Jadi, tidak ada salahnya melakukan gerakan squat secara rutin untuk mencegah tubuh pegal atau meredakan pegal yang sedang dirasakan.

3. Cat-Cow

Melakukan stretching atau peregangan tubuh menjadi salah satu jenis olahraga ringan yang memiliki efek setara dengan pijat. Salah satu gerakan peregangan yang bisa kamu lakukan adalah gerakan cat-cow. Gerakan ini memberikan peregangan pada area punggung, perut, hingga hingga pinggul. Cat-cow juga bisa meningkatkan fleksibilitas tulang belakang sehingga membantu kamu mengatasi pegal yang dirasakan.

4. Child Pose

Gerakan peregangan lainnya yang bisa memberikan efek setara pijat adalah child pose. Gerakan ini membantu kamu meredakan pegal pada bagian tulang belakang atau punggung.

5. Legs Up The Wall

Untuk melakukan olahraga ringan ini kamu perlu matras untuk menopang tubuh dengan baik. Gerakan ini sangat cocok untuk mengatasi pegal pada bagian tubuh bagian bawah dan panggul. Kamu bisa melakukan gerakan ini dengan membaringkan tubuh di depan dinding, kemudian perlahan naikkan kaki hingga tegak lurus dan topangkan pada dinding.

Itulah beberapa olahraga ringan yang memiliki efek setara pijat. Jangan lupa untuk tetap menjaga menjaga dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat dan beristirahat dengan cukup.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment.