5 Gerakan Olahraga yang Efektif untuk Membakar Lemak Perut

Dibandingkan hanya melakukan sit up saja, sebaiknya Anda menambahkan lima gerakan olahraga berikut ini untuk  membakar lemak perut yang lebih efektif.

1. Plank

Plank adalah sebuah latihan yang melibatkan aktivasi otot-otot inti secara menyeluruh, seperti otot perut, punggung maupun panggul. Latihan ini juga akan membantu Anda meningkatkan postur tubuh.

Semakin kuat otot inti maka semakin efisien pula pembakaran lemak di tubuh Anda, termasuk lemak yang ada di area perut. Maka dari itu, plank lebih efektif daripada sit up untuk membakar lemak

2. Mountain Climbers

Gerakan mountain climbers melibatkan gerakan yang cepat dan intens dengan membawa lutut secara bergantian mendekati dada sambil mempertahankan posisi plank.

Latihan seperti ini akan meningkatkan denyut jantung dan membakar banyak kalori dalam waktu singkat sehingga membantu membakar lemak secara efektif, termasuk lemak yang ada di perut Anda.

3. Bicycle Crunches

Jika mountain climbers dilakukan dalam posisi push up atau telungkup maka bicycle crunches dilakukan dalam posisi telentang mirip dengan sit up.

Bicycle Crunches akan menargetkan otot sisi perut yang akan membantu Anda membakar lemak sekaligus memberikan tampilan pinggang yang ramping.

Dengan melakukan gerakan seperti bersepeda sambil menggerakkan lutut ke arah secara bergantian maka latihan ini akan meningkatkan aktivitas otot perut serta membakar lemak di area tersebut dan sekitarnya.

4. Leg Raises

Latihan leg raises dilakukan dengan cara mengangkat kaki dari posisi berbaring lurus. Ini akan membantu menguatkan otot-otot perut bagian bawah, termasuk otot-otot rectus abdominis.

Dengan melakukan leg raises secara teratur, Anda dapat membakar lemak perut dengan lebih efektif dibandingkan sit up.

5. Russian Twist

Russian twist melibatkan rotasi tubuh sambil memegang beban seperti dumbbell atau pun tanpa beban.  Olahraga ini dapat memperkuat otot-otot oblik dan otot inti lainnya serta membantu mengurangi lemak di area pinggang dan perut Anda.

Manfaat Sit Up

Kalau bukan untuk membakar lemak perut, jadi manfaat sit up yang sebenarnya itu apa? Manfaat sit up yang sebenarnya adalah untuk mengencangkan otot rektus abdominis yang bertanggung jawab atas penampilan perut yang six-pack.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan perut yang six-pack, Anda bisa rutin melakukan sit up. Lebih bagus lagi jika dikombinasikan dengan lima olahraga di atas untuk membakar lemak dengan maksimal sehingga bisa mencapai defisit kalori yang akan merampingkan perut Anda.

No ratings yet.

Please rate this