5 Cara Menggemukkan Badan Agar Lebih Sehat

Tahukah kamu kalau tubuh yang kekurangan berat badan berpotensi menimbulkan efek yang membahayakan dengan tubuh yang kelebihan berat badan? Jadi, apabila sekarang kamu punya tubuh yang terlewat kurus sehingga masuk dalam kategori kekurangan gizi, banyak sekali risiko kesehatan yang bisa kamu alami, misalnya kerapuhan tulang, kurang darah, daya tahan tubuh berkurang, hingga permasalahan kesuburan. Nah, jika kamu sedang berencana untuk menggemukkan atau menambah berat badan, beberapa cara berikut ini bisa kamu coba lakukan:

1. Makan Lebih Sering

Tentu, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah makan lebih sering. Ini dilakukan untuk menambah asupan nutrisi dan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh guna membantu menaikkan berat badan. Jika kamu tidak bisa langsung makan dengan porsi besar dalam satu kali makan, cobalah makan dengan porsi kecil dan tingkatkan frekuensinya menjadi lima atau enam kali sehari

2. Perhatikan Apa yang Kamu Makan

Kalau kamu ingin menaikkan berat badan, tentu makanan yang kamu konsumsi harus dipilih dengan baik, memenuhi kebutuhan nutrisi harian, dan mencukupi kalori yang memang disarankan. Beberapa nutrisi yang memang sangat mendukung naiknya berat badan adalah karbohidrat kompleks, lemak, protein, dan vitamin serta mineral.

Makanan dengan kandungan protein tinggi bisa membantu meningkatkan massa otot sekaligus menambah berat badan. Lalu, lemak dan karbohidrat pada makanan yang kamu konsumsi juga membantu menambah kecukupan energi dan jaringan lemak. Namun, hindari mengonsumsi makanan maupun minuman tinggi lemak, garam, dan gula. Perbanyak asupan buah, sayur, dan tidak lupa air putih.

3. Minum Susu

Susu dan berbagai produk turunannya, seperti yoghurt dan keju adalah sumber kalori, protein, dan lemak yang sangat baik. Selain itu, susu pun mengandung tinggi kalsium yang penting untuk membantu menjaga kesehatan sekaligus kekuatan gigi dan tulang. Rutin mengonsumsi susu atau produk olahannya bisa menjadi cara menggemukkan badan lainnya yang lebih sehat. Susu sapi atau susu yang dirancang khusus untuk menaikkan berat badan bisa jadi pilihan.

4. Tetap Berolahraga

Tidak hanya untuk menurunkan berat badan, olahraga juga efektif untuk menambah berat badan, lho! Olahraga rutin, terlebih latihan untuk membentuk kekuatan tubuh akan membantu meningkatkan massa otot yang berujung pada peningkatan berat badan. Olahraga pun dipercaya membantu meningkatkan nafsu makan yang membuat asupan kalori tubuh terpenuhi.

5. Cukup Istirahat

Cara menggemukkan badan sekaligus membantu menjaganya agar tetap ideal adalah cukup istirahat pada malam hari. Tidur cukup, terlebih pada waktu malam, berperan penting dalam menunjang proses terbentuknya jaringan pada tubuh. Idealnya, waktu tidur malam untuk orang dewasa adalah antara tujuh hingga sembilan jam.

No ratings yet.

Please rate this